Februari 24, 2024

Tahukah Kamu, Ada Berapa Organisasi Pers di Inhil yang Eksis Hingga Saat ini

Ilustrasi.

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Tahukah kamu, saat ini di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang berjuluk ‘Negeri Hamparan Kelapa Dunia’ terdapat beberapa nama-nama organisasi pers dan organisasi perusahaan pers yang hingga saat ini masih eksis keberadaannya.

Dari penelusuran yang dilakukan ARB Indonesia, diketahui terdapat 9 organisasi pers atau wartawan, dan 2 organisasi perusahaan pers atau pemilik perusahaan.

Berikut kami sajikan nama-nama organisasi tersebut beserta alamat dan nama-nama ketua organisasi yang memimpin hingga saat ini.

1- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)-Inhil, alamat sekretariat Jalan Kembang (disamping Kantor BPN) Tembilahan Kota, saat ini diketuai oleh Ardiansyah Julor.

2- Ikatan Wartawan Online (IWO)-Inhil alamat sekretariat Jalan Suntung Ardi (dk.Hotel Arahman) Tembilahan Kota, saat ini diketuai oleh Muridi Susandi.

3- Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID)-Inhil, alamat sekretariat Jalan Tanjung Harapan (samping SMPN 2 Tembilahan) Tembilahan Kota, saat ini diketuai oleh JB Gian B Marbun.

4- Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (PWDPI)-Inhil, alamat sekretariat Jalan Pelajar Gg. Terendam, Tembilahan Hulu, saat ini diketuai oleh Indra Syahputra

5- Forum Pers Independen Indonesia (FPII) alamat sekretariat Jalan Jln Nangka Perumnas parit 3 Tembilahan Hulu, saat ini diketuai oleh M. Arsyad

6- Forum Komunikasi Wartawan Inhil (FKWI) alamat sekretariat Jalan Baharuddin Yusuf (Samoing Gor Tasik Gemilang) Tembilahan Kota, saat ini diketuai oleh Maryanto

7- Perkumpulan Media Cetak Indragiri (PMCI) alamat sekretariat Jalan Telaga Biru, Parit 8 Tembilahan Hulu (Depan Terminal), saat ini diketuai oleh Rosnita.

8- Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pengurus Daerah Riau (Perwakilan Inhil) Faisal Alwi yang beralamat di Jalan Kayu Jati, Gg Kelapa Muda, Tembilahan Hulu

9- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Riau (Perwakilan Inhil), Dodi Ralibi yang beralamat di Jalan Handayani Tembilahan Kota.

Selain itu, juga terdapat 2 organisasi perusahaan pers yang menghimpun pemilik perusahaan pers di Inhil, diantaranya:
1- Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) alamat sekretariat Jalan M Yamin Parit 16 Tembilahan Hilir, Lr Karya Abadi, saat ini diketuai oleh Aditya Prahara

2- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) alamat sekretariat Jalan Kembang No.18 Tembilahan Kota, saat ini diketuai oleh Deby Candra.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Inhil pada Selasa (30/1/2024), terdapat beberapa organisasi yang telah daftar dan belum terdaftar atau tercatat keberadaannya melalui Badan Kesbangpol Inhil.

Nama organisasi pers dan organisasi perusahaan pers yang telah terdaftar atau tercatat keberadaannya di Kesbangpol Inhil:
1- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)-Inhil
2- Ikatan Wartawan Online (IWO)-Inhil
3- Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID)-Inhil
4- Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)-Inhil

Nama organisasi pers dan perusahaan pers yang belum atau sedang dalam proses pendaftaran untuk tercatat keberadaannya di Kesbangpol Inhil:
1- Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (PWDPI)-Inhil
2- Forum Pers Independen Indonesia (FPII)-Inhil
3- Forum Komunikasi Wartawan Inhil (FKWI)-Inhil
4- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)-Inhil
5- Perkumpulan Media Cetak Indragiri (PMCI).

Sedangkan untuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Kabupaten Inhil, dijalankan oleh perwakilan dari Pengurus Daerah Provinsi Riau.

(Arbain)