Mei 18, 2024

Sukseskan Target 10 Juta Ton Beras, PPL Diminta Tingkatkan Kinerja

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) –  Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) diminta agar dapat meningkatkan kinerja sebagaimana yang dimaksud dengan Pengawasan Pembinaan Pengawalan dan Pendampingan (P4) kepada para petani.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Raja Indra Jaya, Jumat (11/5). Menurutnya, dengan mendapatkanya bantuan sebanyak 18 unit sepeda motor dari Kementrian Pertanian RI baru-baru ini, PPL diharuskan dapat lebih memaksimalkan dan meningkatkan kinerjanya.

“Melalui bantuan itu, kita seharunya paham. Sebab, salah satu tujuan bantuan seperti alat trasnpotasi tentu untuk mempermudah  dalam menjalankan tugas yang diberikan pemerintah. Mulai saat ini kita menghimbau mereka agar lebih meningktakan kinerja,” harapnya.

Peningkatan kinerja dan pemberian bantuan oleh Pemerintah, lanjut Indra, dalam rangka mengejar target 10 juta ton beras, seperti yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI melalui Kementrian Pertanian beberapa waktu lalu. Sehingga para PPL diprioritaskan agar mendapat bantuan. “2014 mendatang apa yang sudah dicanangkan Presiden diharapkan sudah dapat tercapai,” cetusnya.

Kebijakan dan trobosan tersebut, dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil, mengingat sekitar 90 persen kendaraan oprasional PPL dalam keadaan rusak berat. Meski demikian, dikatakanya lagi, dukungan Pemerintah Pusat terhadap kekurangan kendaraan operasional bagi PPL terus diharapkan.

Sebelumnya, bantuan 18 unit bantuan sepeda motor untuk PPL tersebut diserahkan langsung oleh Anggota Komisi IV DPR-RI  Hj Nurlia. Dalam sambutannya, Nurlia mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah unhtuk mensukseskan program Pemerintah yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat di seluruh penjuru tanah air. (fen)