Februari 24, 2024

Resmi Jadi Negeri, Gubri Harapkan SMK N 1 Tempuling Jadi Sekolah Favorit di Inhil

Gubernur Riau, H Syamsuar saat meresmikan status Negeri di SMK N1 Tempuling, RY.

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Gubernur Riau H Syamsuar meresmikan Penegrian Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMK N) 1 Tempuling di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (21/6/2023).

Hal itu ditandai dengan diserah terimakannya Surat Keputusan (SK) oleh Gubernur Riau kepada Kepala Sekolah SMK N 1 Tempuling saat meresmikan perubahan status SMK Swasta Rasau Kuning menjadi Sekolah Negeri di Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling.

Dalam sambutannya, H Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini di Provinsi Riau masih banyak kekurangan tenaga pendidikan terkhusus di SMK, hal itu dikarenakan banyaknya tenaga pendidik di SMK yang pensiun pada setiap tahunnya.

“Dalam upaya mengatasi problem tersebut, kita akan bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dalam peningkatan keahlian guru SMK yang telah lulus melalui pengangkatan P3K.
Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan guru dan untuk mempersiapkan SDM di Riau yang Beriman, Cerdas, dan Berkualitas,” ungkap Gubri.

Selain itu H Syamsuar juga menyampaikan mengenai program wajib belajar 12 tahun, saat ini Pemprov Riau tengah menyiapkan Peraturan Gubernur untuk membantu anak-anak yang putus sekolah, terlebih untuk anak-anak SD dan SMP yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

“Dengan adanya peraturan itu, Pemprov Riau juga nantinya bisa membantu siswa-siswi SD dan SMP yang putus sekolah karena problem ekonomi,” imbuh H Syamsuar.

Sedangkan untuk SMA/SMK Negeri yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau, H Syamsuar menyatakan bahwa tidak ada lagi sekolah yang membebankan iuran atau uang komite kepada siswa atau orang tua siswa.

“Dengan demikian, kedepannya tidak adalagi problem anak-anak di Riau yang tidak menyelesaikan pendidikan 12 tahun karena persoalan ekonomi. Semua itu bertujuan agar kedepannya anak-anak di Riau ini semakin berkualitas,” tutur Gubri.

Mengenai SMK N 1 Tempuling, Gubernur Riau juga berkomitmen untuk memenuhi segala kebutuhan sarana dan prasarana demi dapat melaksanakan pendidikan dengan maksimal di SMK yang baru saja diresmikan status Negeri nya.

“Semoga ini menambah semangat para pendidik untuk mengajar anak dan semoga SMK ini menjadi sekolah favorit di Kabupaten Inhil,” harap Syamsuar.

Terakhir saat diwawancarai awak media, Gubernur Riau mengatakan selain mempersiapkan sarana dan prasarana sekolah, Ia juga akan memperbaiki akses jalan menuju sekolah SMK 1 Tempuling.

Selain itu Syamsuar juga berpesan kepada seluruh kepala sekolah dan guru di Inhil agar selalu memantau anak didiknya agar tidak terjerumus dalam jaringan LGBT.

Untuk diketahui, di tahun 2023 ini Pemerintah Provinsi Riau dibawah kepemimpinan H Syamsuar dan Edi Natar kembali membangun gedung sekolah di Riau sebanyak 18 sekolah. (Redaksi/Arb)