Putri Melayu Asal Meranti Jadi Profesor IT Pertama di Riau - Arbindonesia
Februari 3, 2022

Putri Melayu Asal Meranti Jadi Profesor IT Pertama di Riau

61fa7c7847f7d
Bagikan..


ARB INdonesia, PEKANBARU – Prof Dr Okfalisa ST MSc adalah putri Melayu pertama yang menjadi profesor IT atau teknologi informasi di Provinsi Riau.

Wanita kelahiran Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, ini juga guru besar bidang ilmu Teknik Informatika di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau di Kota Pekanbaru.

Okfalisa ditetapkan sebagai guru besar di UIN Suska Riau oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 1 November 2021.

Gelar profesor dikukuhkan oleh Rektor UIN Suska Riau di Auditorium Gedung Rektorat, Rabu (2/2/2022).

Profesor atau guru besar adalah prestasi tertinggi di bidang akademik dengan penilaian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Saat pengukuhan, Okfalisa mengucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika UIN Suska Riau atas dukungan yang telah diberikan.

Dukungan kepada dirinya menjadi motivasi untuk meraih gelar profesor dan menjadi guru besar di UIN Suska Riau.

“Terima kasih semua atas dukungannya, karena tanpa dukungan dari semuanya, maka kegiatan ini tidak akan terlaksanakan dengan baik,” kata Okfalisa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Wanita berusia 44 tahun ini merupakan guru besar perdana di Fakultas Teknik dan Informatika.

Selain itu, ia juga satu-satunya guru besar termuda di UIN Suska Riau.

Dalam lima tahun terakhir, Okfalisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas penelitiannya beserta tim peneliti internal dan eksternal UIN Suska.

Ia mendapatkan hibah dana penelitian yang bergengsi di tingkat nasional, meliputi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Bank Indonesia Institut dan Kementerian Keuangan.

Adapun, fokus bidang kajiannya yaitu pada pengembangan digitalisasi pada UMKM dan syariah fintech recommandation system.

Untuk kontribusi dalam pengembangan keilmuan, dalam beberapa kegiatan, Okfalisa diundang sebagai pembicara di tingkat nasional dan internasional.

Prestasi yang diperolehnya kini merupakan buah perjuangan dan kerja kerasnya dari bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Ia mendapatkan predikat juara kelas selama melaksanakan pendidikan di Kota Pekanbaru. Keberhasilan meraih prestasi ini atas dukungan keluarga.

Kemudian, dengan minat perkembangan keilmuan bidang informatika, Okfalisa melanjutkan studi S1 di STT Telkom Bandung, dan melanjutkan jenjang S2-S3 di Faculty Computer Science and Information System di Universiti Teknologi Malaysia.

“Semoga gelar profesor dan amanah yang diberikan kepada saya dapat menggiring saya ke jalan yang diridhoi Allah SWT,” kata Okfalisa.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, Khairunnas Rajab, menyatakan rasa bangga dengan prestasi yang diraih Okfalisa.

“Saya senang sekali, selamat kepada Okfalisa yang telah menjadi profesor sekaligus guru besar UIN Suska Riau di Fakultas Sains dan Teknologi. Berkah untuk UIN Suska Riau, berkah untuk bersama,” kata Khairunnas.

Sumber Kompas.com






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.