Pemkab Kampar Serahkan Alat Pengolahan Pangan Lokal pada Kelompok Usaha Keluarga - Arbindonesia
April 20, 2020

Pemkab Kampar Serahkan Alat Pengolahan Pangan Lokal pada Kelompok Usaha Keluarga

Bagikan..

ARBindonesia.com, KAMPAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui Dinas Ketahanan Pangan
menyerahkan alat produksi pertanian untuk pengolahan pangan lokal kepada kelompok usaha keluarga di Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Senin (20/4/2020).

Bantuan tersebut diserahkan bertujuan untuk melakukan peningkatan ekonomi masyarakat lokal, dan meningkatkan daya saing hasil produksi pertainian masyarakat.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah terus berupaya memberikan dorongan dan bantuan teknis Kepada masyarakat, demi meningkatnya ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Bapak Ir. H. Cokroaminoto. MM memgatakan bahwa alat pengolahan pangan lokal ini merupakan bantuan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau.

“Diserahkan kepada kelompok Usaha Keluarga di  Kelurahan Pasir Sialang. Bantuan alat yang diberikan berupa 2 unit alat pencacah ubi, 2 unit mesin pres  kemasan, 1 buah kuali, 3 buah sendok gorengan, 5 buah ember sedang dan 3 buah ember besar,” tutur Cokroaminoto yang didampingi Sekretaris Ketahanan Pangan Marahalim, Kabid dan Kasi.

Lanjutny, dengan kondisi ekonomi yang hancur akibat dampak Covid-19, semoga alat tersebut dapat dimanfaatkan untuk efektifitas dan efisiensi proses produksi pangan lokal sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. 

“Untuk membungkus kerupuk, biasanya usaha ini menggunakan lampu ‘togok’ (Pelita). Sekarang sudah memanfaatkan teknologi dengan pres listrik, begitu juga dengan memotong atau mencacah ubi secara manual, sekarang menggunakan alat pemotong dengan mesin pencacah,” imbuhnya.

Sementara itu, Nuraini yang menerima bantuan tersebut menyatakan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleb pemerintah.

“Sangat memudahkan, mempercepat dalam pengolahan produksi. Kami akan manfaatkan dengan sebaik-baiknya bersama dengan 10 anggota usaha keluarga ini,” Kata Nuraini.

Reporter Yusrizal
Editor Arb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *