Pemkab Inhil Gelar Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI 2017 - Arbindonesia
Mei 3, 2017

Pemkab Inhil Gelar Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI 2017

Bagikan..

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah ke-XXI di lapangan Gadjah Mada Tembilahan, Selasa (2/4/2017) kemaren.

Pagi itu tampak dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah pejabat esselon di lingkungan Pemkab Inhil, tenaga pendidik, peserta didik dan sejumlah elemen lainnya.

Dalam sambutnya, Bupati membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dimana, tema Hardiknas kali ini adalah pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila.

“Kata kunci dari tema tersebut adalah gerakan. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat,” ucapnya.

Kemudian, pendidikan juga harus didorong menjadi gerakan semesta yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa yaitu masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli dan ormas/LSM mengorganisasi.

Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter pancasila dalam pendidikan bersama.

Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Itulah karakter pancasila yang menjadi tujuan pendidikan nasional kita. Menumbuhkembangkan potensi anak didik seperti memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat,” tambahnya.

Terkait Hari Otonomi Daerah, orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang ini membacakan amanat Menteri Dalam Negeri RI. Melalui pelaksanaan program-program pembangunan daerah yang dipadukan dengan pelaksanaan program pembangunan nasional, diharapkan akan terwujud peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Dalam hal ini, saya menghimbau setiap pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan berusaha bagi kalangan dunia usaha, agar seluruh infrastruktur yang telah dibangun dapat memberi manfaat ekonomis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” bacanya./ADV/Mirwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *