Pemekaran Kabupaten Pasir Penyu Kembali Diwacanakan - Arbindonesia
Januari 3, 2016

Pemekaran Kabupaten Pasir Penyu Kembali Diwacanakan

Bagikan..
Jhony S Mundung.
Jhony S Mundung.

Airmolek , detikriau.org, – Wacana pemekaran Kabupaten Pasir Penyu dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali bergulir, kali ini mendapat dukungan tokoh muda Inhu. Wacana ini sebelumnya juga telah mendapat kesepakatan antara Pemda dan DPRD Inhu.

Tokoh muda Inhu, Jhony S Mundung kepada wartawan mengatakan bahwa pemekaran Kabupaten Pasir Penyu ini sudah layak untuk dilakukan mengingat pada tahun 2004-2005 hal ini sudah pernah disepakati oleh  DPRD Inhu yang saat itu diketuai oleh H Soegianto dengan Bupati Inhu Raja Thamsir Rachman.

“Bahkan kajian akademisnya sudah disampaikan dan menjadi bahasan di Dirjen Otda Kemendagri, jadi ini bukan wacana lagi, melainkan tinggal selangkah lagi untuk mewujudkanya,” kata mantan Direktur Walhi Riau tersebut, Minggu (3/1).

Pemekaran Kabupaten Pasir Penyu yang dinilai sudah layak untuk saat ini Dilatarbelakangi sejarah, pemekaran kabupaten Pasir Penyu sudah layak ditindaklanjuti, dimana Kecamatan Sei Lala, Lubuk Batu Jaya, Kelayang, Peranap dan Lirik berada dibawah Kawedanaan yang dipimpin seorang Wedana pada zaman Belanda dahulu yang berpusat di Airmolek Kecamatan Pasir Penyu, paparnya.

Untuk saat ini, sambungnya, Kecamatan-kecamatan yang dulunya dibawah Kewedanaan Pasir Penyu sudah siap untuk menjadi bagian dari Kabupaten Pasir Penyu baik dari sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya.

“Pemekaran Kabupaten Pasir Penyu ini juga mempercepat proses kemajuan suatu daerah, sebab daerah tersebut akan ditunjang oleh APBD sendiri tanpa membebani dan mengurangi APBD kabupaten Inhu sebagai Kabupaten Induk,” ungkapnya.

Guna mewujudkan Kabupaten Pasir Penyu ini peran serta dan dukungan dari semua pihak sangat diharapkan. Untuk itu sumbang saran dan dialog dari para tokoh yang ada akan coba dilakukan dalam Mubes yang akan digelar dalam waktu dekat, jelasnya.‎

Sementara itu ketua badan pekerja pemekaran Kabupaten Pasir Penyu DPRD Inhu 2004-2005 H Zaharman Kaz yang juga tokoh masyarakat Pasir Penyu mengapresiasi dan mendukung tokoh muda Inhu untuk mewujudkan Kabupaten Pasir Penyu.‎

“Semangat pemekaran Kabupaten Pasir Penyu ini sejak dicetuskan pada 2004-2005 yang kebetulan saya sebagai ketua badan pekerja di DPRD Inhu saat itu‎, hingga saat ini tidak pernah padam dan tetap terus digulirkan untuk segera diwujudkan,” katanya.

Secara prinsip saya mendukung tokoh muda Inhu seperti Jhony S Mundung yang mendorong terwujudnya Kabupaten Pasir Penyu, setidaknya kalau tidak Kabupaten ya Kotamadya,  pemekaran ini layak untuk segera diwujudkan agar pemerataan pembangunan dapat dilakukan dan jalur birokrasi yang ada dapat diperpendek mengingat pusat pemerintahan yang ada saat ini cukup jauh dijangkau masyarakat.

“Saya siap mendukung pemekaran Kabupaten Pasir Penyu ini dengan menghubungi kembali tokoh-tokoh masyarakat dan para pelaku sejarah yang dulu ikut mencetuskan pemekaran Kabupaten Pasir Penyu, ini terlepas dari konteks politik, sebab jauh hari sebelum Pilkada dulu tepatnya pada tahun 2004-2005 ‎pemekaran Kabupaten Pasir Penyu ini sudah dicetuskan dan dirumuskan,” pungkasnya. (Zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.