Juli 18, 2024

Pasokan Listrik Kerap Terputus Mendadak. Pelanggan Keluhkan Kerusakan Peralatan Elektronik.

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)  – Terputusnya pasokan listrik secara mendadak dan berulang-ulang sudah semakin meresahkan warga. Menurut penuturan mereka, kondisi seperti ini menjadi penyebab  kerusakan beberapa peralatan elektronik. Mereka berharap PLN Rayon Tembilahan bersedia untuk bertanggungjawab.

“Dua minggu belakangan ini saja, TV satu-satunya dirumah saya sudah dua kali harus saya bawa untuk diperbaiki di tukang servis. Kerusakan yang tentunya harus menjadi tambahan pengeluaran biaya bagi saya ini terjadi akibat beberapa kali terputusnya pasokan listrik PLN secara mendadak.”Ujar Aam, seorang warga jalan kayujati, Parit X Tembilahan menyampaikan keluhan melalui sambungan telepon selular, Kamis (9/5)

Ditambahkan Aam, disamping kerusakan peralatan elektronik, bohlam lampu dirumahnya juga sudah beberapa kali rusak dan terpaksa harus diganti.” Sebagai pelanggan, saya dituntut PLN untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Telat, resikonya saya pasti dikenakan denda.  Kalau kita dituntut untuk taat, seharusnya pihak PLN juga harus berlaku sama. Artinya, kerugian pelanggan yang diakibatkan PLN tentu harusnya juga dipertanggungjawabkan. Jangan maunya menang sendiri,”Kritik Aam.

Herman, seorang warga Tembilahan lainnya juga mengeluh, walaupun diakuinya belum ada peralatan elektroniknya yang rusak tapi putusnya pasokan listrik secara mendadak dan berulang-ulang ini diakuinya cukup membuat dirinya repot.” Memang belum ada peralatan elektronik saya yang rusak. Sejak sering terputusnya pasokan listrik secara mendadak ini, saya tidak mengoperasikan peralatan listrik saya seperti lemari pendingin secara maksimal. Artinya kalau sudah mulai listrik mati hidup, saya segera memutuskan secara total sambungan lemari pendingin dari listrik.” Ujarnya sambil menceritakan tindakan ini berdasarkan pengalamannya beberapa tahun lalu saat peristiwa yang sama sempat membuat lemari pendinginnya rusak.

Tidak beroperasionalnya lemari pendingin ini menurut Herman menyebabkan penghasilan dagangannya berkurang. “Untuk menambah pendapatan saya juga meletakkan minuman ke dalam lemari pendingin. Biasanya hasilnya lumayan untuk tambahan. Tapi sudah beberapa minggu ini kegiatan itu terpaksa tidak saya lakukan,” Ujar Herman.

Terkait persoalan ini, Kepala PLN Rayon Tembilahan, Husnul Yusmar saat dikomfirmasi wartawan melalui sambungan telepon selularnya menyatakan mati hidupnya listrik tidak akan menyebabkan peralatan rusak.”Setahu saya putusnya pasokan listrik secara mendadak tidak berapa berpengaruh pada peralatan elektronik terkeculai apabila terjadinya peningkatan daya listrik secara mendadak. Namun sepanjang kerusakan peralatan itu bisa dibuktikan disebabkan listrik PLN, ya kita akan perhatikan,” Ujar Husnul yang mengaku saat itu sedang berada dilapangan.

Ditambahkan Husnul, pada dasarnya pemadaman yang terjadi bukan dilakukan dengan sengaja, tetapi adanya kerusakan teknik pada jaringan penghubung dari sumber mesin pembangkit Listrik.

“Tidak ada unsur sengaja yang dilakukan oleh PLN untuk melakukan pemadaman, tetapi pemadaman terjadi akibat adanya gangguan jaringan serta kerusakan mesin tenaga pembangkit listrik yang ada” ujarnya.

Dari pantauan, putusnya pasokan listrik secara tiba-tiba ini sudah terjadi dalam beberapa minggu dan waktunyapun sudah tidak lagi bisa diduga. Dalam satu hari, terputusnya arus ini terjadi secara berulang-ulang. Disamping membuat repot masyarakat, aktifitas perkantoran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatpun tidak dapat berjalan secara maksimal. (fsl)