Mortir Ditemukan di Belakang Perkantoran Tenayan Raya - Arbindonesia
Maret 12, 2020

Mortir Ditemukan di Belakang Perkantoran Tenayan Raya

Bagikan..

ARBIndonesia.com – Satu mortir ditemukan di bekas perkebunan PT Bintan di Jalan Badak Ujung, RT 03 RW 01, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (12/3/2020) siang. Mortir berwarna biru dan sudah berkarat.

Mortir itu pertama kali ditemukan oleh karyawan PT Medco saat melakukan penggalian lahan untuk pemasangan pipa PLTG dari Kabupaten Siak ke Kecamatan Tenayan Raya. Tanah dikeruk menggunakan alat berat.

Pekerjaan itu dilakukan tak jauh dari belakang Perkantoran Tenayan Raya. Petugas yang bekerja mengendalikan alat berat tanpa sengaja mengangkat besi dan meletakkannya ke tanah.

Setelah diamati, besi itu berbentuk mortir. Menghindari hal tak diinginkan, pekerja langsung melaporkan temuan itu ke Polsek Tenayan Raya.

Tim yang dipimpin Kapolsek, Kompol Hanafi Tanjung, langsung turun ke lokasi penemuan untuk memastikan mortir tersebut. “Mortir itu ditemukan di kedalaman 30 cm,” ujar Hanafi.

Hanafi langsung menghubungi tim penjinak bom (jibom) untuk memastikan mortir itu aktif atau tidak. “Mortir langsung diamankan,” kata Hanafi.

Mortir itu memiliki ukuran panjang 175 cm dengan diameter 90 cm. “Berat mortir lebih kurang 100 kilogram,” ucap Hanafi.

Menurut keterangan sejumlah saksi, di daerah itu beberapa tahun lalu pernah dijadikan tempat latihan TNI Angkatan Udara. “Menurut saksi pada tahun 1980, lokasi penemuan mortir jadi tempat latihan angkatan udara,” tutur Hanafi.

Penemuan itu langsung dikoordinasikan dengan personel TNI AU dari Lanud Roesmin Nurjadin. Disebutkan kalau mortir tersebut sudah tidak aktif.

“Untuk memastikannya, mortir tersebut dibawa oleh personel TNI AU. Akan diperiksa lagi,” tutup Hanafi.

Sumber : Cakaplah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.