Menyambut Hari Pengungsi Dunia, Kovid Psikologi Gelar Seminar Nasional - Arbindonesia
Juni 20, 2020

Menyambut Hari Pengungsi Dunia, Kovid Psikologi Gelar Seminar Nasional

Camat Mandah -- M Nazar. S.Sos
Bagikan..

ARBindonesia.com, PEKANBARU – Peringatan Hari Pengungsi Sedunia 2020 di Pekanbaru, Komunitas Virtual dengan Psikologi (Kovid Psikologi) menggelar Seminar Nasional secara Online, Sabtu (20ajj bc o/6/2020).

Adapun yang menjadi narasumber pada seminar nasional tersebut diantaranya dari Lembaga PBB yaitu UNHCR (The United Nations High Commissioner for Refugees) Mrs. Ann Maymann dan IOM (International Organization for Migration) Mr. Dejan Micevski.

Serta perwakilan pemerintah yang memiliki tugas dalam penanganan pengungsi yaitu Ketua Harian Satgas Nasional Pengungsi Kemenkopolhukam Brigjen Pol (P) Drs. Chairul Anwar,Sh., MH dan Doktor Psikologi Sosial UIN SUSKA Riau Dr. Harmaini, M.Si.

Seminar nasional yang ditaja oleh Komunitas Virtual dengan Psikologi (Kovid Psikologi) ini dimoderatori mahasiswa Magister Psikologi Mangisi Erlinda S.Psi, yang juga merupakan Kepala kantor IOM di Pekanbaru pada Jumat, 19 Juni 2020.

Kegiatan ini dilakukan secara Bilingual dimana antusias peserta lebih meningkat dari sebelumnya, yang terdaftar sebagai peserta 640 orang dari seluruh daerah di Indonesia dan Luar Negeri seperti Australia, Singapura dan negara lainnya, dengan Views youtube mencapai 1.005 dari 7 jam tayang YouTube.

Ketua Harian Satgas Nasional Pengungsi Kemenkopolhukam Brigjen Pol (P) Drs. Chairul Anwar,Sh., MH menyatakan bahwa terdapat 13.515 pengungsi di beberapa kota di Indonesia saat ini.

Satgas Penanganan Pengungsi Kemenkopolhukam terus berupaya melakukan penanganan pengungsi bersama pemerintah daerah dan lembaga-lembaga internasional seperti UNHCR dan IOM, dibawah payung hukum Perpres no 125/ 2016.

“Banyak PR yang masih perlu dibenahi baik dari Perpres 125/ 2016 yang kedepannya akan ditinjau ulang, peningkatan koordinasi dan peranan pemerintah daerah serta payung hukum lainnya yang mengatur pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan kegiatan lainnya bagi pengungsi di Indonesia,” papar Drs. Chairul Anwar,Sh., MH dalam seminar.

Selain itu, International Organization for Migration yang diwakili oleh Mr. Dejan Micevski menjelaskan tentang penanganan pengungsi yang berada dibawah perawatan IOM di Indonesia.

Ia juga menjelaskan IOM mendukung pemerintah dalam penanganan pengungsi yang berada di 8 kota di Indonesia dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar, perawatan dan perlindungan pengungsi serta kegiatan pengungsi bersama masyarakat setempat melalui upaya sukarela dari pengungsi sendiri.

“Dimasa pandemic Covid19 pengungsi telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya pembuatan masker kain di Pekanbaru dan kota-kota lainnya yang dibagikan kepada masyarakat sekitar,” imbuh Mr. Dejan Micevski .

Sementara itu Perwakilan UNHCR untuk Indonesia Ms. Ann Maymann menyampaika rasa terima kasih atas inisiatif Kovid Psikologi dan UIN Suska Riau untuk melakukan kegiatan Seminar Nasional Online yang mengangkat tema Penanganan Pengungsi di Masa pandemic Covid19.

Ia mengaku sangat terkesan karena kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Pengungsi Sedunia yang jatuh pada 20 Juni 2020.

(Tim Covid Psikologi)

Selamat merayakan World Refugees Day

“There is no exercise better for the heart than reaching down and lifting people up”
John Holmes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *