Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh - Arbindonesia
Agustus 21, 2021

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

PicsArt_08-22-12.38.03

Buah Kelapa Muda di Kabupaten Indragiri Hilir, ARB INdonesia

Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Kabupaten Indragiri Hilir merupakan Kabupaten yang memiliki perkebunan kelapa paling luas di kancah nasional.

Kendati demikian, dengan memiliki luas perkebunan kelapa 400.740,84 hektar tentunya negeri yang berjuluk ‘Hamparan Kelapa Dunia’ ini kaya akan buah kelapa.

Mengenai Kelapa, tahukah kamu bahwa
air kelapa memiliki kekayaan akan manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, ternyata air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh.

Bahkan, air kelapa juga memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh.

Seperti yang dilansir dari ‘Hallo Sehat’, bahwa kandungan utama didalam air tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin.

Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Bukan hanya itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa.

Sementara itu dikutip dari ‘Fakta Gizi’ yang terdapat pada Data Komposisi Pangan Indonesia bahwa 100 gram air kelapa memiliki komposisi gizi energi 17 Kalori (Kal), Protein: 0.2 g, Lemak : 0.1 g, Karbohidrat: 3.8 g, Kalsium: 15 miligram (mg), Fosfor: 8 mg, Besi: 0.2 mg, Natrium: 1 mg dan Kalium: 149 mg.

Dari komposisi gizi ini, terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium tinggi dibandingkan minuman olahraga yang diformulasi.

Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan jika kita memakan empat buah pisang.

Sementara itu, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Selain itu juga, nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa adalah antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.