Kronologis Terjadinya Longsor yang Runtuhkan 20 Rumah di Inhil - Arbindonesia
Januari 4, 2022

Kronologis Terjadinya Longsor yang Runtuhkan 20 Rumah di Inhil

IMG_20220104_133619

Tanah longsor di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanah Merah

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Bencana alam kembali melanda masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di awal tahun 2022 ini.

Sebelumnya, belasan rumah warga dan satu dermaga runtuh akibat tanah longsor yang terjadi pada Minggu (2/1/2022) di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra.

Sehari berselang peristiwa itu terjadi, di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanah Merah juga mengalami hal serupa di minggu pertama bulan Januari ini.

20 unit rumah warga runtuh akibat tanah longsor yang juga terjadi pada malam hari sekitar pukul 23.00 Wib.

Berdasarkan keterangan dari Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC-BPBD) Inhil, peristiwa yang rawan terjadi di daerah pesisir ini bermula diketahui seorang warga, Suhen.

“Saat itu ia sedang membuka pintu rumahnya, akan tetapi pintu tersebut tidak dapat dibuka. Merasa aneh, kemudian Suhen mencari tahu penyebab dengan melihat kebawah rumah dengan menggunakan senter penerang,” tutur Kepala BPBD Inhil, Yuspik, Sabtu (4/1/2022) melalui keterangan tertulis.

Pantas saja pintu tak bisa terbuka, rumah yang beridiri di atas pantai sungai kuala enok itu ternyata tanahnya sudah mengalami keretakan.

Suhen yang mengetahui hal tersebut langsung memberi tahu kepada beberapa orang pemilik rumah di sekitar pinggiran sungai bahwa tanah telah bergeser kearah sungai pertanda akan terjadi longsor.

“Mendapat informasi yang disampaikan Suhen, warga langsung memindahkan barang-barang yang dibantu oleh anggota Koramil dan anggota Polsek Kuala Enok beserta aparatur desa bersama masyarakat,” kata Yuspik.

“Sekitar pukul 23.00 wib, longsorpun terjadi hingga mengambrukan 20 unit rumah warga.
Beruntung tidak ada korban jiwa atas musibah tersebut,” tutupnya.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.