Kemensos RI melalui Balai Anak Rumbai Lakukan Respon Kasus atas Bayi yang Sengaja Dibuang Orang Tuanya di Rohul - Arbindonesia
November 19, 2020

Kemensos RI melalui Balai Anak Rumbai Lakukan Respon Kasus atas Bayi yang Sengaja Dibuang Orang Tuanya di Rohul

Bagikan..

Foto: Proses serah terima anak yang lakukan Dinsos Rohul kepala Balai anak Rumbai Pekanbaru.


ARBindonesia.com, PEKANBARU – Kementerian Sosial melalui Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru lakukan respon kasus terhadap bayi yang sengaja dibuang orangtuanya di Desa Persiapan Suka Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, Pekanbaru (18/11/2020).

Bayi berjenis kelamin perempuan ini di temukan oleh warga di tengah – tengah kebun sawit milik masyarakat dengan terbungkus goni (karung) bekas gula pada tanggal 11 November 2020 yang lalu.
Warga yang menemukan bayi langsung melapor ke Polsek Tambusai Utara yang segera membawa ke Puskesmas terdekat, kondisi bayi saat itu masih dalam keadaan hidup dan sehat.

Intervensi krisis terhadap bayi sudah dilakukan oleh satuan bakti pekerja sosial Kabupaten Rokan Hulu dan Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu dengan melakukan kerjasama dengan beberapa tokoh masyarakat, Kepala Desa, Polsek Tambusai Utara dan Bidan setempat.

Intervensi krisis guna menyelamatkan nyawa anak. Bayi ketika ditemukan oleh warga ari-ari nya masih menempel dan bayi ditemukan pukul 13.00 wib dan bayi dirawat di bidan setempat. Polsek Tambusai Utara sudah menetapkan ibu bayi Ny. SRL sebagai tersangka setelah dilakukan penyelidikan.

Diketahui dari hasil penyelidikan Ibu bayi membuang bayi dikarenakan malu karena bayi tersebut merupakan hasil hubungan diluar nikah.

Atas hal tersebut, tim respon kasus Balai anak “Rumbai” yang terdiri dari pekerja sosial dan pengasuh balita melakukan koordinasi dengan Pihak Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu dan Sakti Peksos Kabupaten Rokan Hulu.

Tim respon kasus diterima oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu. Dinas Sosial menyambut  baik  kehadiran petugas dari Balai Anak Rumbai Pekanbaru.

Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi Anak) merupakan kegiatan yang dilaksanakan balai melalui 3 (tiga) Pedekatan; Keluarga, Komunitas dan Residensial.

Untuk kasus bayi yang di buang dan penelantaran ini merupakan salah satu dari tujuh kegiatan Atensi yang dilakukan oleh Balai Anak “Rumbai” Pekanbaru dalam hal memastikan Perawatan sosial dan pengasuhan anak.

Rika selaku selaku Sakti Peksos yang ditempatkan di Kabupaten Rokan Hulu menyampaikan kronologi awal kasus dan langkah-langkah yang sudah dilakukan.

“Sebaiknya bayi ini ditempatkan sementara di Balai Anak Rumbai untuk mengamankan anak selama proses hukum ibunya, sejalan dengan proses hukum karena sekarang banyak yang mau mengangkat bayi nya sebagai anak, namun kita edukasi masyarakat agar menempuh proses adopsi,” ujar Rika.

Selain itu,  Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu, April Liyadi  mengaku bahwa di Kabupaten Rokan Hulu belum tersedia tempat untuk mengamankan anak seperti kasus yang saat ini.

“Maka dari itu saya tugaskan untuk komunikasi dengan Balai Anak Rumbai Pekanbaru untuk dilakukan perlindungan bayi yang ditemukan oleh masyarakat ini. Kami juga akan mengedukasi bagi warga yang mau mengadopsi agar bisa memenuhi persyaratan yang sudah diatur dan ditentukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pekerja Sosial dari Balai Anak “Rumbai” Pekanbaru, Yustisia mengungkapkan  Balai Anak Rumbai hadir untuk memastikan keselamatan bayi dan memastikan pengasuhan bayi kedepan.

“Keselamatan nyawa bayi hal yang utama, seiring proses hukumnya kita juga bisa edukasi masyarakat agar dapat memenuhi persyaratan adopsi secara legal. Untuk kasus-kasus seperti ini bisa dilakukan Foster Care (perawatan anak) yang diproses oleh Lembaga Pengasuhan Anak (LPA) dan ditetapkan melalui surat keputusan kepala Dinas Sosial kabupaten/Kota setempat. Keberlanjutan pengasuhan bayi ini menjadi isu penting dalam proses pembahasan kasus nantinya,” ungkap Yustisia

Untuk diketahui, Pihak Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu menyetujui bayi untuk dibawa ke Balai Anak Rumbai. Proses serah terima langsung di lakukan di Dinsos Rohul yang di tanda tangani langsung oleh Tri Alfina Lestari selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan disaksikan oleh April Liyadi selaku sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu. (rl/humas)

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *