September 23, 2023

Jalan Tiga Kecamatan Rusak Parah, Diharapkan Segera Perhatian Pemkab

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Jalan poros yang menghubungkan tiga Kecamatan yakni Kecamatan Batang Tuaka, GAS dan Gaung kondisinya memprihatinkan. Hampir sebagian besar ruas jalan tersebut rusak parah dan berlobang. Bahkan dibeberapa tempat, terpaksa diberi kayu untuk bisa dilewati oleh kenderaan baik roda dua dan empat.

Pantauan lapangan, kerusakan terjadi mulai dari Sungai Luar, menuju Sungai Piring, ibu kota Kecamatan Batang Tuaka. Hampir seluruh jalan yang panjangnya sekitar belasan KM tersebut rusak. Lobang besar banyak terdapat di ruas jalan tersebut, hingga bagi mereka yang melintas disana harus berhati-hati kalau memang tidak ingin terjatuh.

Sementara itu ruas jalan antara Sungai Piring menuju Teluk Pinang ibu kota Kecamatan Gas juga rusak. Tapi kerusakan yang terjadi tidaklah separah dari Sungai Luar menuju Sungai Piring. Hanya ada beberapa titik yang kerusakannya cukup berat. Tapi pengguna jalan roda dua masih bisa memacu kenderaan agak kencang.

Sedangkan ruas jalan antara Teluk Pinang dan Desa Lahang Baru di Kecamatan Gaung kerusakannya sangat parah. hampir seluruh badan jalan disana berlobang, dan sebagian ada yang dikasih kayu agar bisa dilintasi.

Yang cukup memprihatinkan adalah ketika musim penghujan tiba, ruas jalan menjadi sangat licin, karena badan jalan ada berlokasi di tanah putih. Sehingga pengendara roda dua yang melintas, sangat berbahaya, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melintas disana.

“Ini Masih untung tidak sedang musim penghujan, sebab kalau musim penghujan, selain badan jalan tergenang oleh air, kondisi jalan juga sangat licin dan tentunya sangat membahayakan kendaraan yang melintas,” kata Subli warga Desa Lahang Baru.

Dalam kesempatan itu ia berharap kepada Pemkab Inhil untuk dapat memperbaiki kerusakan jalan yang ada. Apalagi kerusakan yang terjadi, terutama ruas jalan antara Teluk Piang menuju Desa Lahang baru, sudah cukup lama. Tapi sayangnya, seperti tidak ada upaya Pemkab untuk memeprbaikinya.

“Kita warga yang ada di kecammatan Gaung terutama pengguna jalan tersebut, mengharapkan adanya perhatian Pemkab Inhil untuk memperbaiki kerusakan ruas jalan yang terjadi. Sebab keberadaan akses jalan tersebut sanat vital bagi masyarakat di kawasan tersebut,” katanya. (drc)