Insiden di Laut Hitam, Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS - Arbindonesia
Agustus 22, 2020

Insiden di Laut Hitam, Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS

Bagikan..

Jet tempur Su-30SM milik Rusia. Foto : SINDOnews/Doc

ARBindonesia.com, MOSKOW – Insiden antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) terjadi di Laut Hitam, saat jet tempur Su-30SM milik Rusia mencegat pesawat pengintai Boeing RC-135 Amerika.

Menurut pernyataan dari Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, insiden terjadi lantaran pesawat AS mendekati perbatasan negara. Jet tempur Su-30 SM lantas mencegah pesawat AS tersebut.

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan bahwa jet Su-30SM mendekati pesawat AS pada jarak yang aman dan setelah berbalik, pesawat tersebut kembali ke pangkalan udaranya.

“Penerbangan dan intersepsi pesawat pengintai dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional tentang penggunaan wilayah udara,” kata Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia dalam pernyataannya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (22/08/2020).

Perkembangan itu terjadi setelah jet tempur Rusia beberapa kali pada awal pekan ini mencegat pesawat Inggris, Prancis, dan AS yang melakukan misi pengintaian di Laut Hitam dekat perbatasan Rusia.

Pesawat P-8 Poseidon dan RC-135 AS dicegat oleh militer Rusia pada 19 Agustus. Pada hari yang sama, RC-135 AS dicegat oleh Su-27 di atas wilayah Baltik dekat perbatasan negara.
(*)

Sumber sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *