Inovasi 'Tim Trembesi' Disnakertrans Inhil Hadir untuk Menurunkan Angka Pengangguran - Arbindonesia
September 9, 2021

Inovasi ‘Tim Trembesi’ Disnakertrans Inhil Hadir untuk Menurunkan Angka Pengangguran

KADIS NAKER
Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Salah satu penyebab utama dari banyaknya angka pengangguran yakni masih minimnya lapangan kerja dan masih rendahnya kompetensi para pencari kerja yang belum memenuhi kelayakan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri atau perusahan penampung tenaga kerja.

Selain itu, minimnya kompentensi atau keterampilan yang dimiliki oleh para pencari kerja (pengangguran) menyebabkan belum adanya kemampuan untuk membuka peluang usaha (pekerjaan) yang mampu menjadi sumber pendapatan/penghasilan.

Seperti yang disampaikan Kelapa Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Inhil, HM Taher, MM bahwa fenomena-fenomen tersebut juga terjadi di Kabupaten Inhil, yang mana masih tingginya angka pengangguran dikarenakan masih minimnya lowongan kerja serta masih rendahnya kompetensi dari para pencari kerja yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Oleh karena itu, Disnakertrans memandang perlu melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Indragiri Hilir melalui Inovasi “TIM TREMBESI” (Tim Percepatan Pelayanan Pelatihan Berbasis Kompetensi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik Pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir,” tutur HM Taher, Kamis (9/9/2021).

Lanjutnya, Melalui Inovasi “TIM TREMBESI” (Tim Percepatan Pelayanan Pelatihan Berbasis Kompetensi) ini diarahkan dalam rangka meningkatkan kompetensi para pencari kerja di Kabupaten Indragiri Hilir melalui kegiatan pelatihan tenaga kerja bersertifikat bekerjasama dengan Satuan Balai Latihan Kerja Padang Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada Program Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (PPPV).

Tim Percepatan Pelayanan Pelatihan Berbasis Kompetensi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir menginformasikan kepada seluruh masyarakat (pencari kerja) yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir terkait Informasi Pelatihan Tenaga Kerja Berkompetensi tersebut melalui Website Resmi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir pada link : http://disnakertrans.inhilkab.go.id/

“Pada Laman Website Resmi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir tersebut memuat berbagai informasi terkait pelaksanaan pelatihan tenaga kerja serta informasi para tenaga kerja yang bersertifikat (lulus pelatihan) untuk menjadi bahan informasi dan referensi bagi perusahan atau industri dalam merekrut tenaga kerja pada perusahan atau industrinya,” paparnya.

Selain itu juga tambah HM Taher, pada Laman Website tersebut juga tersedia kontak whatsapp operator yang siap sedia 24 jam memberikan informasi terkait kegiatan pelatihan tenaga kerja bersertifikat yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir.

Masyarakat yang tertarik untuk mengikuti pelatihan tenaga kerja, dapat memperoleh informasi dan penyampaian pemberkasan secara online melalui menu layanan kontak WhatsApp operator yang bisa di akses melalui laman website resmi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir melalui link kontak WhatsApp yang ada pada website resmi tersebut,” Imbuhnya.

“Kemudahan-kemudahan pelayanan online terkait peningkatan kompetensi tenaga kerja di Kabupaten Indragiri Hilir yang dibuat oleh Disnakertrans Inhil melalui Inovasi TIM TREMBESI pada prinsipnya merupakan langkah positif dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Indragiri Hilir melalui penyediaan tenaga kerja yang bersertifikat dengan berbagai macam keterampilan atau keahlian hasil dari kegiatan pelatihan tersebut,” tutup Kadisnakertrans Inhil, Drs. HM. Taher, MM.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *