Ikuti Pendidikan Taplai Lemhanas RI Angkatan II 2021, Seorang Pemuda Inhil Terpilih Sebagai Ketua - Arbindonesia
Agustus 5, 2021

Ikuti Pendidikan Taplai Lemhanas RI Angkatan II 2021, Seorang Pemuda Inhil Terpilih Sebagai Ketua

IMG-20210804-WA0123

Pendidikan Taplai Lemhanas RI Angkatan II 2021 yang digelar secara virtual

Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan (Taplai) merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Pada tahun 2021 ini, kegiatan untuk angkatan II dilaksanakan secara virtual yang diselenggarakan pada 26 juli sampai 3 Agustus 2021 dengan diikuti oleh 100 orang dari berbagai perwakilan organisasi maupun elemen-elemen masyarakat, termasuk perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dari beberapa negara.

Pelatihan ini terdiri dari kuliah umum, diskusi interaktif, dan ‘virtual team building’.

Selain itu, setiap peserta juga diberi kesempatan menuangkan gagasan masing-masing terkait nilai kebangsaan dalam makalah pribadi.

Kemudian diperas menjadi makalah kelompok, dan pada akhirnya dirangkum menjadi makalah angkatan.

Seluruh proses kegiatan Taplai Lemhannas tampak jelas bermuara pada penyegaran dan penguatan kembali pemahaman terhadap 4 Konsensus Dasar Bangsa yaitu: Pancasila, UUD 1945, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Fauzan Aziz Maulana

Di samping itu, pada kegiatan Pendidikan Taplai Lemhanas RI Angkatan II 2021 tersebut, pemuda asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau di percayai dan ditunjuk sebagai Ketua Pendidikan Taplai Lemhanas angkatan II dari 5 ketua yang terpilih.

“Alhamdulillah saya di percayai oleh bapak bapak dan ibu yang mengikuti Pendidikan Taplai Lemhanas, dan jujur sebenarnya jika dilihat dari pengalaman dan keilmuan mungkin mereka lebih pantad untuk menjadi Ketua dibandingkan oleh saya,” tutur Fauzan Aziz Maulana kepada awak media, Kamis (4/8/2021).

“Tapi dengan kepercayaan bapak dan ibu berikan kepada saya dan saya siap mengemban amanah sebagai ketua di pendidikan Taplai Lemhanas RI,” tambahnya.

Selain itu, dalam acara tersebut kata Fauzan, Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan bahwa keberadaan para peserta di Lemhanas RI ini telah memiliki tekad untuk melakukan revolusi mental, transformasi sikap dan perilaku yang mencerminkan sosok pimpinan daerah dengan kualitas karakter kebangsaan yang kuat.

“Sebagai warga bangsa yang disatukan karena perbedaan dan kemajemukan tentunya nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus dijaga demi tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Fauzan menirukan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, saat membuka acara kepada awak media.

Sementara itu, Brigjen TNI (Mar) Yuliandar T.D (Direktur Binlaks Taplai KBS Lemhanas RI) mengatakan dari sekian ratus bahkan ribu orang yang mendaftar dari sabang sampai merauke dan setelah diseleksi dan kalian 100 orang inilah yang sah untuk mengikuti Pendidikan Lemhanas angkatan II tahun 2021 ini.

“Kalian adalah orang yang beruntung yang bisa mengikuti pendidikan pemantapan nilai nilai kebangsaan ini. Jadi saya berharap bapak ibu dapat mengambil ilmu yang disampaikan oleh para nara sumber,” ujar Brigjen TNI (Mar) Yuliandar T.D (Direktur Binlaks Taplai KBS Lemhanas RI) melalui Fauzan yang mengikuti acara tersebut.

Terkarhir Fauzan selaku Ketua Pendidkan Taplai Lemhanas mengatakan seiring dengan tujuan dari dilaksanakan kegiatan Pendidikan Taplai Lemhanas tersebut sebagai upaya memantapkan nilai-nilai sebagai generasi pemimpin daerah yang berintegritas, bermoral, beretika dan berkarakter, berwawasan kebangsaan, berpikir strategis, serta terampil dalam memecahkan masalah pembangunan nasional di daerahnya.

“Di akhir Pendidikan dilantiklah Dr. Rr Dyah Eko Setyowati sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Lemhanas angkatan II dan saya menjadi Wakil Ketua dari 6 wakil ketua yang di pilih oleh Ketua Umum,” tutup Fauzan Aziz Maulana.

Untuk diketahui adapun sederetan narasumber yang mengisi materi pada pendidikan Taplai Lemhanas ini antara lain :

Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, S.E.
Mayjen TNI (Purn) Lumban Sianipar, S.IP.
Laksda TNI (Purn) Bambang Darjanto, SH, S.Pi, MSc.
Laksda TNI (Purn) Ir. Yuhastihar, M.M.
Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan
Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. E. Winarto Hadiwasito, SH., M.Si.
Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M
Prof. Dr. Njaju Jenny M.T. Hardjanto
Yudi Latif, M.A., Ph.D.
Dr. Panutan Sakti Sulendrakusuma, S.E., M.T., AKT
Dr. Drs. Winarto H, S.H., M.Si
Dr. Putu Sastra Wingarta
Ir. Hamry Guzman Zakaria, MM.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *