Mei 18, 2024

HM Wardan Pimpin Rapat Koordinasi Forum dan Pembina KKS

Jalan Lintas Provinsi Parit VI Kecamatan Tembilahan Hulu

Bagikan..

ARBindonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan memimpin Rapat Koordinasi Forum dan Pembina Kabupaten/Kota Sehat (KKS), serta Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) di Aula Bappeda, Kamis (3/9/2020).

Pada rapat tersebut turut dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Pj Sekda Inhil H Fauzar, dan OPD terkait, serta pengurus KKS.

Dalam rapat tersebut HM Wardan terlebih dahulu mendengarkan penyampaian dari Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil yang juga selaku Ketua Forum KKS.

Dikatakan Hj Zulaikhah Wardan, bahwa tujuan KKS adalah untuk terciptanya Kabupaten Inhil untuk hidup bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat tinggal bagi warganya.

“Dengan cara melaksanakan berbagai program kesehatan dan sektor lainnya sehingga dapat meningkatkan sarana dan profuktivitas perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

“Sementara tujuan Kabupaten Inhil ikut dalam program KKS ialah untuk dinilai kapasitasnya sebagai kabupaten yang sehat sesuai tatanan yang diikutsertakan,” tambah Hj Zulaikhah.

Lanjutnya, cara untuk memulai KKS yang baik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membentuk kelembagaan, menentukan masalah prioritas di masyarakat, mengidentifikasi kegiatan pemerintah yang berbasis masyarakat, melibatkan unsur masyarakat (forum) dalam program pemerintah berbasis masyarakat.

“Komponen yang harus ada pada program KKS adalah tim pembina teknik, Forum KKS, forum komunikasi kecamatan, dan Pokja kelurahan/desa sehat,” kata Zulaikhah.

“Inhil merupakan kabupaten pemula dalam program ini. kita berharap kerjasama dari seluruh pihak untuk menyukseskan program KKS ini,” tutupnya.

Berdasarkan pemaparan dari Ketua TP-PKK, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan bahwa
KSS merupakan program yang terintegrasi.

“Tupoksi sudah jelas, bagi masing-masing OPD yang terkait dalam program ini tugasnya juga sudah jelas. Bagi OPD yang berperan pada program KKS kita harus menyiapkan Perda tentang Kabupaten/Kota Sehat,” tutur HM Wardan

” Dengan kerjasama,itu yang namanya sinergitas,” tutup Bupati.

Untuk diketahui, rapat tersebut berlangsung interaktif, berbagai masukan juga disampaikan oleh peserta rapat demi kesuksesan program KKS di Kabupaten Inhil. (*)