April 18, 2024

Dihadiri Camat Gaung, Kades Terusan Kempas Papar Pembangunan yang Akan Dilaksankan Tahun 2024

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Camat Gaung, Yuliargo SP hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan rembuk Stunting di Desa Terusan Kempas, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Musrembang pertama Tahun 2023 untuk perencanaan pembangunan Tahun 2024 itu dibuka oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Terusan Kempas, Said Sunardi, Senin (30/1/2023).

IMG-20230130-WA0027

Camat Gaung, Yuliargo mengatakan kepada seluruh masyarakat agar tidak bosan menggelar Musrenbang yang merupakan kegiatan rutinitas pemerintah dalam merencanakan pembangunan di setiap tahunnya itu.

“Perlu dilaksanakan Musrembang ini, karena sangat penting untuk menampung semua usulan pembangunan prioritas masyarakat Desa Terusan Kempas,” kata Yuliargo.

IMG-20230130-WA0031

Program pembangunan dari hasil Musyawarah Dusun (Musdus) yang diusulkan ke Pemerintah Desa (Pemdes) nantinya akan disampaikan ke Musrembang kecamatan dan kabupaten agar bisa direalisasikan sesuai harapan masyarakat.

IMG-20230130-WA0029

“Apabila usulan ke pemerintah tidak ada tercatat di musrembang bisa menimbulkan masalah dikemudian hari. Maka dari itu harus diusulkan semua kegiatan pembangunan yang prioritaskan melalui musyawarah rancangan ini,” terangnya.

Namun, kata Yuliargo, apabila usulannya tidak terpenuhi atau tidak terealisasi, diharapkan masyarakat tidak kecewa. Karena biografis kabupaten Inhil sangat luas se Riau, ditambah lagi Inhil memiliki 197 desa sedangkan APBD Inhil sangat kecil.

IMG-20230130-WA0034

“Kabupaten kita sangat luas se Riau, dan kabupaten kita memiliki wilayah yang ekstrim (gambut_red), butuh anggaran yang sangat besar untuk merealisasikan pembangunan,” paparnya.

Namun, jelas Yuliargo, masyarakat jangan bosan memperjuangkan atau mengajukan permohonan bantuan pembangunan yang belum terealisasi di tahun sebelumnya, dan yang sudah ada harus dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya.

“Kita minta belum tentu dapat, apalagi tidak minta. Artinya Pemdes bersama masyarakat berusaha agar pemerintah yang lebih tinggi dapat mengucurkan anggaran untuk pembangunan prioritas,” sebutnya.

IMG-20230130-WA0030

Selanjutnya mengenai stunting, Yuliargo meminta kepada masyarakat melaporkan ke Pemdes dan segera disampaikan ke tenaga medis Pustu agar bisa ditangani dengan cepat. Yuliargo juga meminta kepada Kades untuk memfasilitasi penanganan kasus stunting.

Dalam Musrembang tersebut, semua Kadus se Desa Terusan Kempas mengusulkan berbagai program pembangunan, baik perbaiki badan jalan, pembangunan tanggul, serta pembangunan jembatan penghubung desa dan pembangunan lainnya.

Kades Terusan Kempas, Agus Syahroni mengatakan dari beberapa usulan dan permohonan pembangunan tersebut akan diusulkan ke tingkat musrembang kecamatan, karena dianggap sangat prioritas untuk kepentingan masyarakat banyak.

IMG-20230130-WA0035

“Usulan akan kita ajukan ke tingkat kecamatan dan kabupaten. Semoga apa yang telah diusulkan bisa terealisasi,” terang Agus.

Agus Syahroni juga memaparkan beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun ini. Dan sebagian usulan pembangunan yang belum bisa terlaksana dikarena kekurangan anggaran bisa dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Mengenai pelaksanaan beberapa pembangunan tersebut, Fasilitator Masyarakat Teknik (FMT) Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), Dodi mengatakan sebelum melaksanakan pembangunan, baik pembangunan badan jalan dan yang lainnya, diharapkan dikoordinasikan terlebih dahulu agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari.

“Untuk pembangunan jalan, perlu dimusyawarahkan agar tidak bermasalah. Kalau perlu buat surat pernyataan bahwa masyarakat sepakat tanahnya dibangun badan jalan,” kata Dodi.

Untuk diketahui, Musrembang tersebut dihadiri, Camat Gaung, Yuliargo, Kades Terusan Kempas, Agus Syahroni, Ketua BPD, Ketua LPM, Bhabinkamtibmas, Ketua Tim Penggerak PKK, Pendamping Desa, Pendamping P3MD, serta tokoh masyarakat. (Galeri Foto)