di Kecamatan Kateman dan Tanah Merah, Doctor Share Berikan Pelayanan Medis Gratis - Arbindonesia
Maret 21, 2014

di Kecamatan Kateman dan Tanah Merah, Doctor Share Berikan Pelayanan Medis Gratis

Bagikan..

kapalTembilahan (detikriau.org) — Yayasan Dokter Peduli, terhitung sejak tanggal 23 – 28 Maret 2014 mendatang akan memberikan pelayanan medis kepada Masyarakat Inhil secara gratis. Dokter Peduli atau disebut juga Doctor Share akan bertambat di dua Kecamatan yaitu Kecamatan kateman dan Kecamatan Tanah Merah.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Inhil, DR Hj Alvi Furwanti Alwie, kedatangan organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial, khususnya bidang medis ini telah  menyampaikan surat resmi kepada Diskes Provinsi Riau yang kemudian menunjuk Kabupaten Inhil sebagai daerah sasaran pemberian pelayanan medis secara gratis.
“Pelayanan medis yang akan diberikan kepada masyarakat nantinya meliputi operasi mayor dan minor, serta pengobatan umum. Instruksi Pak Bupati, kita akan memfasilitasi supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” Sampaikan Alvi kepada detikriau.org melalui sambungan selularnya, Jum’at (21/3/2014)
Adapun kapasitas operasi dan pelayanan kesehatan yang diberikan di Kabupaten Inhil, lanjut Alvi, akan didata melalui Puskesmas dan Pustu setempat, serta ditambah dengan Puskesmas dari daerah lainnya. Dimana, pada satu titik ditentukan untuk operasi mayor 10 orang, operasi minor 15 orang sedangkan untuk pengobatan umum, jumlah pasien tidak dibatasi.
“Terkait dengan persiapan menyambut kegiatan sosial doctor share, kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, kantor kesehatan pelabuhan, Dinas Perhubungan, Sahbandar termasuk intansi terkait lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pelaksaannya di lapangan. Kita berharap agar pasien yang hendak menapatkan pelayanan kesehatan berada pada titik kumpul ketika pengobatan dilakukan,” pungkasnya
DoctorSHARE (selanjutnya disingkat DS, nama resmi organisasi ini adalah Yayasan Dokter Peduli), didirikan oleh sekelompok orang yang telah berpengalaman di bidang pelayanan sosial, khususnya di bidang medis, baik di masa – masa tenang dan damai (seperti melakukan baksos secara rutin, operasi gratis, termasuk operasi jantung terbuka), mau pun bencana alam, baik lokal ataupun yang bersifat nasional (tsunami di Aceh, banjir besar di Jakarta, gempa di Jawa Tengah/Jawa Barat, tanah longsor di kabupaten Manggarai/Flores dan sebagainya), bahkan kerusuhan politik nasional (kerusuhan Mei 1998).
Dalam operasionalnya, yayasan dokter peduli mempergunakan sebuah kapal yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas operasi. Pelayanan medis diberikan oleh 18 orang dokter spesialis umum serta 6 awak kapal.(dro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.