Juni 15, 2024

DESAK SEKDES DIBERHENTIKAN, MASSA SAMBANGI CAMAT

Bagikan..

TANAH MERAH (www.detikriau.org) — Puluhan masyarakat Desa Sungai Laut Kecamatan Tanah Merah, rabu (21/3) mendatangi Kantor Camat Kecamatan Tanah Merah. Kedatangan mereka untuk mendesak agar Sekretaris Desa (Sekdes) Sungai Laut. M.Alwi segera diberhentikan karena tindakannya dinilai telah banyak merugikan masyarakat.

Massa dibawah koordinator lapangan (Korlap) Abdul Haris, sekira pukul 11.30 Wib memasuki halaman Kantor Camat. Dengan teriakan lantang mereka mendesak agar Camat Kecamatan Tanah Merah, Nurmansyah segera memberhentikan Sekdes.”Turunkan Sekdes, Berhentikan Sekdes.” Teriak Korlap disambut dengan kalimat yang sama dari puluhan Massa.

Sayangnya kedatangan Massa ini tidak berhasil menemui Camat. Menurut keterangan salah seorang staff, Camat sedang mengikuti kegiatan di Pekanbaru.

Tidak berhasil menemui Camat, Abdul Haris segera melakukan sambungan melalui telepon selular ke nomor Camat. Dari pembicaraan, terdengar dengan tegas Abdul Haris meminta agar Camat memenuhi tuntutan mereka.”Kita desak Bapak untuk segera berhentikan Sekdes. Kita nilai apa yang telah dilakukannya jelas pembodohan pada masyarakat. Jika tuntutan kami pada hari ini tidak juga ditanggapi, kami akan turun lagi dengan massa yang jauh lebih besar. ”Ancam Eka, panggilan akrab Abdul Haris dengan nada tegas.

Terkait dengan desakan ini, ketika dikomfirmasi ke Telepon selularnya, Camat nyatakan akan segera sikapi hal ini. Namun untuk memberhentikan, menurut Camat itu bukan wewenang dirinya.”Apa yang menjadi tuntutan masyarakat hari ini pasti akan saya tindak lanjuti. Yang jelas, karena memang antara Kepala Desa dan Sekdes sudah tidak ada kecocokan, kita nilai sudah tidak mungkin lagi akan selaras dalam menjalankan pembangunan di Desa. Untuk itu, kita akan keluarkan nota dinas untuk menarik Sekdes. Untuk memberhentikan, itu bukan wewenang saya. Saya juga sudah sampaikan perihal ini kepada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) di Tembilahan” Ujar Camat menjawab Komfirmasi.

Koordinator lapangan, Abdul Haris ketika dikomfirmasi seusai aksi menyatakan bahwa apa yang dilakukan Sekdes jelas telah menyalahi aturan dan menggelapkan uang Negara.”Kita tidak pernah menerima dana bantuan untuk Gapoktan itu. Kita nilai Sekdes bekerjasama dengan pihak tertentu dengan sengaja menilap uang untuk masyarakat . Kedatangan kami hari ini meminta agar Camat segera berhentikan Sekdes.” Cecarnya dengan nada suara keras.

Aksi demontrasi masyarakat desa sungai laut ini mendapat pengawalan dari personil kepolisian Polsek Tanah Merah yang dipimpin langsung oleh Kapolsek, AKP Ilhamdi . Aksi massa ini berjalan dengan tertib tanpa adanya tindakan anarkis. (fsl)