Dari 484 Daerah, Pemkab Inhil Berhasil Menyabet Penghargaan Sebagai Pemerintah Daerah yang Sangat Inovativ dalam.. - Arbindonesia
Desember 18, 2020

Dari 484 Daerah, Pemkab Inhil Berhasil Menyabet Penghargaan Sebagai Pemerintah Daerah yang Sangat Inovativ dalam..

Bagikan..

Bupati Inhil saat menerima penghargaan atas Penganugerahan Innovative Govemment Award (IGA) 2020, foto sc you tube Dadan Litbang Kemendagri

ARBindonesia.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menyabet penghargaan atas Penganugerahan Innovative Govemment Award (IGA) 2020 dengan kategori pemerintah daerah Sangat Innovativ dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan.

Hal tersebut diketahui dalam sebuah siaran acara Penganugerahan Innovative Govemment Award (IGA) 2020 yang di selenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Dalam acara tersebut, Kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Menteri Dalam Negeri RI, Dr. Drs Agus Fatoni, M.Si mengatakan kegiatan tahun ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara yang Innovative.

Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data terhadap pemerintah daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“Aplikasi ini dirancang khusus untuk melakukan penilaian inovasi daerah, dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak,” ucapnya dalam menyampaikan laporan dalam kegiatan Penganugerahan Innovative Govemment Award di Jakarta.

Lanjutnya dalam menyampaikan data, tingkat partisipasi inovasi daerah tahun 2020 ini sebesar 89,3 persen atau sebanyak 484 daerah yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Dari 484 Daerah, semua itu terdiri dari 34 Pemerintah Provinsi (100 persen), Pemerintah Kabupaten sebanyak 360 (86,7 persen) dan Pemerintah Kota sebanyak 90 daerah (96,7 persen) dengan jumlah inovasi yang terlaporkan sejumlah 14.897 Inovasi. Hal tersebut meningkatkan 85 persen dari tahun sebelumnya (2019) yakni 8.014 Inovasi,” papar Agus Fatoni.

Setelah dilakukan tahapan validasi 22 September hingga 21 Oktober, didapatkan hasil sebanyak 195 pemerintah daerah dengan kategori Sangat Inovativ. Yang terdiri dari 21 Pemerintah Provinsi, 131Pemerintah Kabupaten, dan 43 Pemerintah Kota.

Sedangkan dengan predikat Inovativ sebanyak 44 pemerintah daerah yang terdiri dari 3 Provinsi, 30 Kabupaten dan 11 Pemerintah Kota.

Sementara sebanyak 245 pemerintah daerah yang masuk dalam kategori Kurang Inovativ, yang terdiri dari 10 Provinsi,199 Kabupaten, dan 36 Pemerintah Kota. Serta 58 pemerintah daerah yang tidak dapat dinilai, 55 Kabupaten dan 3 Pemerintah Kota.

“Terhadap daerah yang berhasil predikat Sangat Inovativ akan diberi penghargaan. Kegiatan pelaksanaan pengumpulan indeks inovasi daerah juga mengikut sertakan 15 dewan juri yang terdiri dari kementerian lembaga, Media , dan juga dari berbagai instansi ataupun lembaga byang kredibel.” tutupnya.

Video Penganugerahan Innovative Govemment Award (IGA) 2020, fo youtube Badan Litbang Kemendagri

Atas penganugerahan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bupati Inhil HM Wardan mengaku bangga dengan pencapaian daerah yang ia pimpin saat ini. sebab Kabupaten Inhil mampu bersaing dengan Kabupaten/Kota besar di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa.

“Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah kunci Inovasi yang dilakukan Pemkab Inhil. Sehingga Pemkab Inhil mendapat penganugerahan tersebut di semua sektor urusan. Baik itu dibidang, Kesehatan, Pendikan, Sosial, Komunikasi, dan lain sebagainya,” imbuh HM Wardan.

“Inovasi yang dilakukan ini untuk memaksimalkan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan daerah,” tutupnya.

(Arbain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *