Curhat Petugas Damkar: Kami Bertaruh Nyawa, Kalian Malah Selfie - Arbindonesia
Mei 30, 2021

Curhat Petugas Damkar: Kami Bertaruh Nyawa, Kalian Malah Selfie

Foto: Ilustrasi, sindonews

Bagikan..

ARBIndonesia.com, JAKARTA – Seorang petugas pemadam kebakaran ( Damkar ) curhat di media sosial. Dia mengeluhkan sikap warga saat terjadi kebakaran. Pasalnya, ketika petugas bertaruh nyawa memadamkan api, banyak warga yang justru merecokinya seperti foto-foto dan selfie di lokasi kebakaran.

Curhatan itu tersebar usai akun Instagram @indonesiafirefighter mempostingnya, Sabtu (29/5/2021).

“Dengerin ya kata abang nya ,” kata akun itu dikutip, Minggu (30/5/2021).

Dalam postingan video itu petugas yang memakai seragam lengkap damkar mengaku bila mereka kerap diganggu oleh warga saat kebakaran. “Gimana apinya mau padam, kalo petugas damkar yang nyemprot malah dirusui,” tuturnya petugas damkar itu.

Dia juga menjelaskan kenapa saat kebakaran rumah warga yang belum terbakar selalu disemprot dan dibasahi. Hal ini dilakukan agar apinya nggak nyeberang dan merambat rumah lainnya.

Dia juga menyayangkan warga yang sibuk menggunakan handphone/HP saat kebakaran terjadi. Kondisi ini dinilai sama sekali tak membantu kerja petugas.

“Sebagai warga yang baik itu kalo kebakaran jangan malah ambil HP, malah ngerekam, malah foto sana sini, malah selfie,” ucapnya.

Padahal, saat kebakaran sebaiknya warga membantu petugas damkar seperti membantu menarik selang atau mengamankan situasi.

“Jangan barangnya korban kebakaran yang kamu amankan, malah kamu yang diamankan polisi,” kata petugas damkar itu.

Di akhir video dia berpesan kepada para petugas damkar seluruh Indonesia. “Salam jaya selalu, pantang pulang sebelum api padam. Kalo belum padam belum boleh pulang, kalo pulang kita yang diamankan warga,” tutupnya.

sumber sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *