Ciptakan Pemilu Jurdil, KPU dan Panwaslu diminta Bekerja Lebih Profesional - Arbindonesia
April 8, 2014

Ciptakan Pemilu Jurdil, KPU dan Panwaslu diminta Bekerja Lebih Profesional

Bagikan..

jurdilTembilahan (detikriau.org) — Pemilu Jujur dan Adil masih perlu untuk dipertanyakan. Beberapa dugaan penyimpangan masih saja terjadi. KPU sebagai Penyelenggara dan Panwaslu selaku pengawas Pemilu diharapkan untuk lebih mampu bekerja profesional.
“Kita menemukan adanya beberapa kejanggalan yang patut diduga sebagai pelanggaran. Saya sudah sampaikan hal ini ke Panwaslu Inhil untuk segera disikapi,” Ujar Anggota DPRD Inhil dari Fraksi PKB, Herwanissitas kepada detikriau.org melalui sambungan selularnya, Selasa (8/4/2014)
Menurut penjelasan Herwanissitas yang kembali maju sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari PKB pada dapil V ini, berdasarkan pantauan di lapangan oleh relawan dan simpatisannya di Desa Sungai Bela Kecamatan Kuindra, ditemukan lebih dari 300-an pemilih tidak dapat menyalurkan hak pilihnya pada pileg 9 April 2014 esok hari.
“Kita sudah periksa satu persatu, hasilnya, lebih dari 300 an pemilih tidak tercantum dalam DPT maupun daftar pemilihan tambahan. Padahal pada Pilbup Inhil yang lalu termasuk Pilgubri baik putaran pertama dan kedua, mereka terdaftar sebagai pemilih.” Sampaikan Sitas
Hal ini menurutnya patut untuk dipertanyakan dan ditindaklanjuti, apalagi ratusan pemilih yang tidak terdaftar ini terjadi hanya pada satu Desa.
Disamping persoalan tidak terdaftarnya 300 an pemilih, Herwanissitas juga menenggarai adanya ketidaknetralan petugas pemilu. KPPS dinilainya lebih berpihak kepada salah seorang caleg bahkan yang lebih menimbulkan tandatanya, ada petugas KPPS yang sama sekali tidak bisa baca tulis.
“Saya berharap laporan saya ke Panwaslu ini dapat ditindaklanjuti demi berjalannya pemilu yang jujur dan adil,” Pinta Sitas.
Diakhir kalimatnya, Ia mengaku sudah memberikan pernyataan dibeberapa media, baik cetak maupun elektronik termasuk kalangan NGO agar dapat bersama-sama mengawal jalannya proses pemilu. (dro)

3 thoughts on “Ciptakan Pemilu Jurdil, KPU dan Panwaslu diminta Bekerja Lebih Profesional

  1. KPU & Panwaslu Inhil diharap Profesional?
    KPU» masih banyak masyarakat yg tidak terdaftar!
    Sesuatu yg tak mungkin! Banyaknya pelanggaran, Drum, Baju, KIS, Sirtu, dan lain2..
    Bagusnya tak ada lagi Panwaslu di Inhil ini!

  2. lebih Dari 300 pemilih tidak terdaftar di DPT tidak bisa langsung pihak KPPS disalahkan.
    – KPPS tidak mungkin bisa mengubah DPT.
    – soal netral atau tidak , mengapa harus dipertanyakan?????…..rahasia umum..
    – KPPS tugas nya sudah menerima DPT mengantar c6, tugas intinya memungut suara di TPS. buat berita acara Dan c1. kirim ke PPS Dan KPU. selesai….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.