Camat Teluk Belengkong Memperkenalkan Inovasi 'WARDAN-MBAK IKHA' - Arbindonesia
Agustus 25, 2021

Camat Teluk Belengkong Memperkenalkan Inovasi ‘WARDAN-MBAK IKHA’

IMG-20210826-WA0006

Camat Teluk Belengkong Memperkenalkan Inovasi 'WARDAN-MBAK IKHA

Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Berjalannya dengan baiknya program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) kemudian dikembangkan kembali pada periode kedua masa kepemimpinan Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menjadi Desa Maju Inhil Jaya Plus Terintegrasi (DMIJ PT).

Dikatakan Camat Teluk Belengkong, Sugiyanto, S.Sos, bahwa DMIJ PT adalah program Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil untuk melakukan pendekatan pemberdayaan dengan mengefektifkan fungsi pemerintahan, kelembagaan dan masyarakat desa dan kelurahan untuk merencanakan, melaksanakan, melestarikan dan pengawasan pembangunan secara partisipatif yang meliputi :

  1. Pemerintahan Desa
  2. Pembangunan
  3. Pembinaan
  4. Pemberdayaan
  5. Peningkatan ekonomi masyarakat

“Maka dengan mengadaptasi kegiatan DMIJ Plus terintegrasi, kami Pemerintah Kecamatan Teluk Belengkong memperkenalkan inovasi WARDAN-MBAK IKHA (Warga Damai Aman Membangun Kampung Indah Kreatif Harmonis Dan Asri),” tutur Camat Teluk Belengkong, Sugiyanto, S.Sos, Kamis (26/8/2021).

Lanjutnya, adapun kegiatan yang mendukung Inovasi daerah tersebut antara lain :

  1. Posko jaga Wardan (Warga Damai Aman)

Dengan adanya Pos Jaga Wardan ini diharapkan berkurangnya angka tingkat kriminalitas warga masyarakat desa bahkan menjadi tidak ada sama sekali.

  1. Penataan Lingkungan

Penataan lingkungan di desa ini merupakan suatu pemikran dari masyarakat2 Desa sekitar yang ingin menciptakan suasana asri dan nyaman sehingga mereka berinisiatif untuk melakukan penataan lingkungan yang teratur dan terpusat seperti contoh pembangunan infrastruktur di desa ini sudah memiliki akses dua jalur dan pembangunan pusat pemerintahan desanya tertata dengan rapi.

  1. Kegiatan Gotong royong yang rutin dan terjadwal

Melestarikan Budaya Lokal dengan cara Pemerintah Desa membuat Jadwal tetap dalam melaksankan kegiatan gotong royong lingkungan guna menciptakan lingkungan bersih yang indah dan asri.

  1. Pemanfaatan Pekarangan Toga dan Tanaman Pangan

Pekarangan rumah masyarakat desa di manfaatkan dengan tanaman obat dan jenis sayur-sayuran guna tersedianya beragam obat herbal dan sayuran untuk dimanfaatkan.

  1. Mengoptimalisasikan kegiatan magrib mengaji

Magrib mengaji merupakan salah satu kegiatan utama pada program DMIJ namun kurangnya pengawasan dalam pelaksanaannya sebagian kegiatan tersebut tidak berjalan dengan baik, untuk itu perlunya dibentuk Tim Pengawas Kegiatan Magrib Mengaji.

“Dari hal-hal tersebut, maka terlihatlah inovasi (pembaharuan) dari program DMIJ Plus Terintegrasi yang sangat berperan penting terhadap Masyarakat Desa,” imbuhnya Sugiyanto, S.Sos.

Selain itu kata Camat, Inovasi tersebut juga bertujuan untuk Meningkatkan rasa damai dan aman di masyarakat, Melestarikan budaya gotong royong, Meningkatkan pembangunan infrastuktur di Desa.

Menciptakan lingkungan yang indah dan asri, Menyediakan Tanaman Obat herbal untuk keperluan rumah tangga, dan Menciptakan home industry produk lokal.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *