BAPPEDA Inhil Hadirkan Inovasi Berupa Jurnal Ilmiah yang Dapat Diakses Secara Online - Arbindonesia
September 2, 2021

BAPPEDA Inhil Hadirkan Inovasi Berupa Jurnal Ilmiah yang Dapat Diakses Secara Online

IMG-20210902-WA0061

Foto: Bupati Inhil, HM Wardan bersama Kepala Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah.

Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menghadirkan sebuah inovasi daerah yang diberi nama ‘Si Dayang’ atau Inovasi Jurnal Ilmiah ‘Selodang Mayang’.

Selain memiliki fisik dalam bentuk buku, Jurnal Ilmiah Selodang Mayang juga dapat di akses secara online melalui situs https://ojs.selodangmayang.com.

Dijelaskan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah, bahwa jurnal ilmiah atau yang sering disebut jurnal akademik dapat dideskripsikan sebagai kumpulan artikel ilmiah yang dipublikasikan secara reguler dalam rangka mendiseminasi hasil penelitian.

Hasil penelitian yang diseminasikan sering kali menantang asumsi umum yang beredar di kalangan publik atau menantang (kritik) temuan penelitian sebelumnya. Bisa pula hasil diseminasi menampilkan data baru dalam literatur akademik.

Penelitian dan Pengembangan merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indragiri Hilir.

“Salah satu kegiatan Kelitbangan adalah menyiapkan wahana publikasi hasil-hasil kelitbangan dalam bentuk majalah berkala ilmiah (Jurnal) sesuai petunjuk dari Kemendagri dalam Pedoman arah Kelitbangan di Lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah Tahun 2015-2019 (Surat nomor 070/7004/SJ tanggal 1 Desember 2014),” tutur Kepala Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah, Kamis (2/9/2021).

“Di samping itu Jurnal yang kami terbitkan akan memuat berbagai karya ilmiah terbaru dari berbagai sumber baik dari akademisi, praktisi, pemerintah maupun dari masyarakat umum (kelembagaan, kelompok atau perorangan),” tambahnya.

Selain itu, mantan Kasatpol PP Kabupaten Inhil ini juga menambahkan bahwa Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh BAPPEDA Kabupaten Inhil yang bernama Jurnal “SELODANG MAYANG” tersebut menerima artikel ilmiah mengenai hasil penelitian, tinjauan hasil-hasil penelitian, methodology dan pendekatan-pendekatan baru dalam penelitian yang berkaitan dengan Ekonomi, Industri, Pembangunan Infrastruktur, Teknologi, Energi, Sosial, Budaya, Lingkungan, Pertanian, Kesehatan, Pendidikan, Kemaritiman dan lain-lain, dan jurnal tersebut dapat di akses secara online melalui link (https://ojs.selodangmayang.com).

Tema sentral yang diutamakan adalah tentang Inovasi di bidang Infrastruktur, Ekonomi Kreatif dan DMIJ Plus Terintegrasi yang erat kaitannya dengan pembangunan dan pengembangan terutama di Kabupaten Indragiri Hilir.

Jurnal ini juga bermanfaat bagi pengembangan iptek yang dapat mengembangkan potensi sumber daya daerah seperti energi baru dan terbarukan, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi kreatif, sektor maritime yang mendorong lahirnya kebijakan-kebijakan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

“Dengan hadirnya Jurnal Ilmiah Selodang Mayang ini, maka Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir akan lebih mampu menjawab permasalahan dan tuntutan masyarakat kepada Pemerintah di Kabupaten Indragiri Hilir,” ungkap Kepala Bappeda Inhil, Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah kepada Wartawan secara jelas dan lugas.

Diakhir wawancara, Kepala Bappeda Inhil mengharapkan agar sumbangan berupa rekomendasi ilmiah dari para peneliti ilmiah tersebut dapat menjadi bahan dukungan dalam mewujudkan tujuan dan sasaran yang sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhik tahun 2018-2023 dengan Misi ‘Menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir Semakin Maju, Bermarwah dan Bermartabat’.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.