Awal Maret, Pemkab Wacanakan Gelar pameran dan Kontes Batu Akik - Arbindonesia
Februari 14, 2015

Awal Maret, Pemkab Wacanakan Gelar pameran dan Kontes Batu Akik

Bagikan..

14Bagansiapapi (detikriau.org) – Pemerintah kabupaten Rokan Hilir bekerjasama dengan komunitas batu akik awal Maret berencana membuka pameran dan kontes batu akik.

Untuk mensukseskan acara tersebut, telah dibentuk panitia yang langsung dilakukan dipimpin bupati melalui Asisten II Setda Rohil Bidang Ekbang Hasrial.SE, M.Si, Jumat malam (14/2/1) bertempat dilantai 4 Kantor Bupati Rohil, di Bagansiapiapi.

Pameran dan kontes yang akan dilaksanakan di Pujasera Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi merupakan inisiatip bupati Rohil, H.Suyatno mengingat saat ini tengah boomingnya batu akik di semua daerah. Sesuai rencana bupati, daerah kabupaten Rokan Hilir setelah diamati ternyata alamnya memiliki kandungan meneral berupa batu yang bisa dipamerkan dalam ajang kontes dan pameran.

Seperti potensi batu akik dari Pulau Jemuar yang selama ini dikenal sebagai pulau terluar dan memiliki potensi wisata ternyata memiliki bahan batu akik yang tidak kalah dengan daerah lainya seperti di Rokan Hilir. Selain batu akik dari Pulau Jemur, daerah lain di Rokan Hilir yang memiliki potensi batu akik yaitu di kecamatan Pujut. Kedua daerah ini bisa dikembangkan sebagai daerah batu akik yang tidak kalah keindahanya dengan daerah lainya.

Dalam moment itu nantinya menurut Asisten II Hasial, Pemkab Rohil juga memiliki dua agenda penting, yaitu hari bersar Imlek dan Musyawarah Daerah Lembaga Adat Melayu Rokan Hilir. “Ini akan dilaksanakan awal Maret,” kata Hasrial.

Ketua Panitia, Iwan mengatakan bahwa pameran dan kontes batu permata dan akik atas inisitaif bupati Rohil H.Suyatno. Selain menggelar kontes batu permata dan akik. acara ini juga akan diikuti peserta luar Rokan Hilir. Pemkab Rohil dan panitia juga akan memamerkan bongkahan batu asal Pulau Jemur dan Pujud untuk dipromosikan kemasyarakat luar.

“Khusus untuk memamerkan batu asli Rohil, kita akan menyiapkan satu stand nantinya,” ujarnya.

Ia juga memberi kesempatan dengan kabupaten lain seperti Kuansing dan Rohul untuk memamerkan batu asal Kabupaten masing-masing. Kita akan siapkan stand untuk kabupaten lain yang ingin ikut serta dalam acara ini,” tandas Iwan selaku Ketua Panitia. [ tris/adv ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.