April 18, 2024

Arus Balik, Tarif Angkot Lahang Ke Tembilahan Naik

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Tarif angkutan lebaran Lahang Tembilahan naik Rp 10.000 dari hari biasanya. Kalau sebelumnya hanya Rp 50.000, sekarang menjadi Rp 60.000.

Dari pantauan, puncak arus balik untuk Kecamatan Gaung terjadi pada hari Sabtu dan Minggu kemaren. Dimana agen sped boat terpaksa dua kali berangkat, akibat jumlah penumpang yang membludak. Untuk pemberangkatan pertama jam 08.00 Wib, dan pemberangkatan kedua jam 11.00 Wib. Padahal sped boat yang berangkat ada dua buah dan berkuran besar (200 PK).

“Saya terpaksa berangkat dengan menggunakan sped boat yang berangkat jam 11.00 siang, sebab yang pagi jam 08.00 penumpangnya sudah penuh. Padahal pagi-pagi sudah pesan tiket, agar bisa berangkat dengan sped boat yang berangkat pertama,” kata Ema salah seorang warga akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu ia menjelaskan, kepulangannya ke Lahang bersama keluarga pada tahun ini adalah untuk merayakan lebaran bersama orang tua. Apalagi pada tahun sebelumnya, dirinya tidak pulang kampung untuk berlebaran.

“Karena pada tahun kemaren tidak pulang kampung, makanya pada tahun ini dibela-belain untuk pulang. Sebab sudah kangen dengan orang tua dan sanak saudara yang ada di Lahang,” kata Ema yang mengaku sekarang berdomisili di Kabupaten Inhu.

Sementara itu terjadinya puncak arus balik Sabtu dan Minggu kemaren dari Lahang keberbagai daerah Inhil maupun di luar Inhil, karena warga yang mudik lebaran akan bekerja pada hari Senin.
“Senin nanti papa anak-anak sudah kerja, makanya kita pulang ke Tembilahan, nanti baru dilanjutkan pulang ke Pekanbaru,” jelas seorang warga, Eti.

Sementara itu untuk Senin (5/9) jumlah penumpang dari Lahang ke Tembilahan relatif sudah berkurang. Meski ada warga yang mudik paska lebaran. Umumnya mereka yang mudik hari ini adalah warga yang tidak bekerja di instansi pemerintah dan instansi laiinya yang sudah masuk kerja pada hari ini. “Hari ini penumpang sedikit sepi, tapi harga tiket masih Rp 60.000,” ujar Supiw. (Wwn)