Juni 30, 2020

Aksi Maling Kabel Lampu di Jalan Batu Bintang Menuju Purnama Gagal Karena Ketahuan

IMG-20200630-WA0025
Spread the love

ARBindonesia.com, Dumai – Dinas Perkim Kota Dumai gagalkan percobaan pencurian kabel lampu Penerangan Jalan Umum (PJU)
Oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Selasa (30/06/2020) sore.

Hal ini tentunya sangat disesalkan oleh Dinas Perkim Kota Dumai. Bagaimana tidak, sudah 3 ( tiga ) kali pemasangan lampu PJU di jalan Batu Bintang, namun 3 (Tiga) kali pula kabel lampu penerangan jalan umum ini di curi.

“Kemarin, Senin (29/06/2020) percobaan pencurian kabel lampu PJU kembali terjadi, berarti ini sudah ke 4 (Empat) kalinya, beruntung kali ini aksi mereka bisa di gagalkan,” papar Kabid Perkim, Wahyudi, S.sos.

Kami merencanakan akan memasang lampu PJU sebanyak 26 unit, namun sangat di sesali baru terpasang 12 unit lampu, anggota kita sudah menemukan adanya percobaan pencurian kabel lampu PJU. Beruntung hal ini cepat diketahui sehingga kabel lampu jalan tersebut dapat di selamatkan.

“Hari ini sudah dua kali kami bersama tokoh pemuda menggagalkan percobaan pencurian kabel lampu PJU yang ada di Jalan Batu Bintang, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat,” kata Wahyudi

Pertama sekitar pukul 17.30 Wib, kami temui ada satu (1) kabel yang putus, hanya beselang 90 menit, saya mendapat telfon bahwa ada beberapa unit lampu PJU yang mati, setelah sampai di lokasi ternyata benar adanya percobaan pencurian kabel lampu PJU kembali terjadi.

“Namun percobaan pencurian kali kedua ini pelakunya juga berhasil melarikan diri,” ucapnya.

Menurut keterangan Kabid Perkim kepada ARBindonesia.com, jika mereka berhasil mencuri kabel tersebut, sedikitnya ada 250 meter kabel yang akan di bawa pelaku.

Berkaca dari 3 kasus sebelumnya kabel yang di curi akan dijual lagi, tetapi dijual permeter, karna menurutnya jika di jual perkilo harganya sangat murah bila di bandingkan dijual permeter.

“Menurut saksi mata, pelaku sebelumnya menggunakan mobil, tapi kali ini mengunakan sepeda motor,” terangnya Wahyudi.

Tambahnya lagi, pencurian lampu jalan umum bukan hanya terjadi di jalan batu bintang saja, di beberapa daerah yang ada di Kota Dumai juga pernah di curi kabel lampu nya.

“Beberapa hari yang lalu kabel lampu PJU juga di curi di daerah Bukit Jin, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta di depan jembatan bukit jin. Sedikitnya ada 7 Gawang yang hilang,” ungkap Kabid

Harapan kita bersama dumai ini bisa terang aman, nyaman dan damai, jika masyarakat yang ingin berpergian dimalam hari atau pedagang yang ingin pergi kepasar membawa dagangannya saat dini hari pasti merasa aman dan nyaman.

Yang terpenting jika semua jalan dan gang yang ada di Kota Dumai ini terang otomatis pelaku kejahatan dan kecelakaan lalu lintas juga berkurang bahkan kita berharap tidak ada sama sekali.

“Namun jika ingin semua hal itu terwujud, tentu perlu kerja sama dari semua pihak dan seluruh masyarakat untuk ikut serta mengawasi dan menjaga lampu PJU yang ada di daerah kita,” imbuhnya.

Wahyudi, S.Sos juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan aparatur kepemerintahan khususnya yang ada di Kecamatan Dumai Barat untuk bisa bersama-sama menjaga aset negara berupa lampu Penerangan Jalan Umum ini.

“Agar kedepannya hal serupa tidak lagi kembali terjadi,” tutupnya.

Dilokasi yang sama salah seorang tokoh pemuda Jailani mengaku sangat kecewa apa yang telah dilakukan oleh pelaku percobaan pencurian yang tidak bertanggung jawab ini.

“Seharusnya kita selaku masyarakat harus sama-sama menjaga, bukan sebaliknya merusak atau mencurinya,” ungkap Jailani dengan nada geram.

Pemuda yang kerap di sapa Udo Jai menambahkan lagi basah tadi sore saya coba mencari pelaku percobaan pencurian kabel lampu PJU bersama Kabid Perkim Wahyudi, S. Sos. Namun tak ketemu, sekitar jam 21.30 Wib malam, mereka kembali beraksi memutuskan beberapa kabel lampu PJU tersebut.

“Beruntung saya cepat mengetahuinya sebelum mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan haramnya itu,” celetupnya.

“Tak menunggu lama saya langsung menghubungi kembali Pak Wahyudi, bersama beberapa pemuda kami melakukan pengejaran terhadap pelaku pencurian kabel lampu PJU, namun sangat kami sesalkan pelaku berhasil melarikan diri,” tambah Udo Jai.

Jika nantinya lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan Batu Bintang ini tidak ada atau gelap gulita, kita tidak bisa lagi menyalahkan Dinas Perkim atau pemerintah, karna kita sebagai masyarakat yang tak bisa menjaganya.

“Untuk itu mari kedepannya kita bersama-sama saling menjaga jika ada yang mencurigakan segera ditindak atau segera melapor kepada dinas terkait,” pungkas Jailani. (hrk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *