10 Foto Indah Detail Permukaan Bulan yang Diambil Bocah 16 Tahun - Arbindonesia
Juni 29, 2021

10 Foto Indah Detail Permukaan Bulan yang Diambil Bocah 16 Tahun

Screenshot_2021_0629_112610
Bagikan..

ARBIndonesia.com – Seorang remaja laki-laki berumur 16 tahun baru-baru ini jadi berita utama di sejumlah media lokal India. Alasannya? Ia berhasil mengabadikan foto Bulan paling jelas dengan menggabungkan lebih dari 50.000 gambar!

Bahkan saking jelasnya foto-foto itu, kamu akan dapat dengan detail melihat kawah-kawah kecil yang berada di sekeliling Bulan.

Nama remaja laki-laki ini adalah Prathamesh Jaju yang merupakan sosok di balik viralnya foto Bulan paling jelas itu.

Mengutip dari Mashable, Jaju yang menyebut dirinya sebagai astronom serta astrofotografer amatir bikin foto Bulan ini butuh waktu hingga empat jam demi mengumpulkan puluhan ribu foto ini!

“Foto ini adalah terdiri atas dua gambar HDR yang berbeda agar menghasilkan efek 3 dimensi. Ini adalah jepretan paling detail dan jernih dari Fase Bulan Kuartal Ketiga,” tulis Jaju pada keterangan di Instagramnya @prathameshjaju.

Seperti apa indahnya foto-foto tersebut? Berikut ini Jaka sudah merangkumnya agar bisa kamu nikmati keindahan dari foto-foto itu.

Total foto-foto yang terkumpul bahkan memakan data sampai lebih dari 186 GB! Bahkan, Jaju butuh waktu tambahan selama 38 hingga 40 jam demi pemrosesan lanjutan dari hasil foto akhir yang berukuran sekitar 600 MB.
“Saya mengambil gambar (foto Bulan) pada 3 Mei pukul 1 dini hari. Saya mengambil gambar dalam bentuk video dan foto selama empat jam. Butuh waktu 38-40 jam untuk pemrosesan,” kata Jaju kepada kantor berita India, ANI.
Jaju menjelaskan kalau laptopnya hampir mati ketika memproses lebih dari 186 GB Data, karena menjalani tugas pengeditan yang sangat berat.
Lebih mengejutkannya, Jaju belajar secara otodidak demi mempelajari segalanya melalui membaca artikel juga menonton YouTube. Nah, patut dicontoh nih.
“Saya membaca beberapa artikel dan melihat beberapa video YouTube untuk mempelajari cara menangkap gambar-gambar ini. Saya belajar prosesnya,” jelasnya.
Gambar foto Bulan yang teramat jelas ini bikin orang-orang bisa memperbesar sebanyak yang dia inginkan tanpa harus kehilangan detailnya.
Gambar yang ditangkap oleh Jaju juga punya nilai ilmiah, lantaran warna berbeda yang tampak pada gambar memperlihatkan adanya endapan mineral pada permukaan bulan.
Banyak yang mungkin bertanya-tanya kenapa dirinya perlu mengambil 50.000 gambar dan bukan hanya melalui satu bidikan saja?
“Seringkali satu gambar menjadi piksel dan buram saat kami memperbesarnya. Untuk menghindari itu saya menggunakan teknik mosaik, yang dalam istilah awam disebut fotografi panorama,” ungkap Jaju.
Pada unggahan akun Instagramnya, Jaju menjelaskan alat yang ia pakai dalam menangkap foto Bulan ini dengan jelas. Seperti, Celestron 5 Cassegrain OTA, ZWO ASI120MC-S, SkyWatcher EQ3-2 GO-TO, dan GSO 2X BARLOW.

Itu dia tadi kumpulan foto-foto detail permukaan Bulan terbaik yang diambil bocah berusia 16 tahun. Cukup menakjubkan dan bikin terpesona yang melihat bukan?

untuk diketahui, artikel ini telah terbit di laman situs “jalan tikus”.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *