Vaksin COVID-19 Telah Tiba! Ini Kandungan di Dalamnya - Arbindonesia
Desember 7, 2020

Vaksin COVID-19 Telah Tiba! Ini Kandungan di Dalamnya

Bagikan..


Vaksin Sinovac asal China telah tiba di Indonesia. Telah lulus uji coba, vaksin ini siap digunaan untuk mencegah penularan COVID-19. Foto/bbc.com.


ARBindonesia.com, JAKARTA – Vaksin COVID-19 buatan perusahaan Cina Sinovac tiba di Indonesia Minggu (7/12) malam. Vaksin sebanyak 1,2 juta dosis tersebut dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 21.27 WIB.

“Saya ingin menyampaikan satu kabar baik. Bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin ini buatan sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 lalu,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya, Minggu (6/12).

Vaksin nampak diturunkan satu per satu dari bagasi pesawat. Di mana vaksin ditempatkan di dalam kontainer. Setelah diturunkan masing-masing box disemprot desinfektan. Tampak aparat bersenjata juga menjaga proses pemindahan vaksin tersebut.

Vaksin nampak diturunkan satu per satu dari bagasi pesawat. Di mana vaksin ditempatkan di dalam kontainer. Setelah diturunkan masing-masing box disemprot desinfektan. Tampak aparat bersenjata juga menjaga proses pemindahan vaksin tersebut.

Vaksin memiliki beberapa kandungan dengan berbagai fungsi yang telah lolos uji klinis. Proses pengembangan vaksin dikawal ketat dari awal sampai produksi, izin edar, distribusi dan pelaksanaan vaksinasi, karenanya vaksin dijamin keamanan dan efektivitasnya.

“Tenaga kesehatan dan vaksinator siap laksanakan vaksinasi COVID-19. Saat ini, sekitar 440.000 tenaga kesehatan yakni dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan, serta 23.000 vaksinator yang siap bergotong royong menyukseskan persiapan vaksinasi COVID-19 di Indonesia,” tulis Instagram @kemenkes_ri.

Lantas apa saja kandungan dalam vaksin?

” Antigen merupakan virus atau bakteri yang sudah dibunuh dan dilemahkan untuk melatih tubuh mengendali dan melawan penyakitnya jika terkena di masa yang akan datang. Adjuvant, substansi pembantu yang memperkuat respons imun terhadap antigen. Pengawet, untuk memastikan vaksin tetap efektif. Stabilisator, untuk melindungi vaksin selama penyimpanan dan saat didistribusikan,” tulis @kemenkes_ri.

sumber sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *