Februari 24, 2024

Siap-siap! Koni Riau Bakal Degradasi Cabor yang Tak Aktif

Wakil Ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi

Bagikan..

ARB INdonesia, PEKANBARU – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau bisa melakukan degradasi terhadap cabang olahraga (cabor) yang tidak aktif. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi baru-baru ini.

Dijelaskannya, kedepannya sudah ada wacana KONI Pusat melalui Rakernas membuat semacam keputusan bahkan akan ada degradasi jika cabor tidak memenuhi kriteria-kriteria maka bisa di degradasi, tidak bisa menjadi anggota KONI.

“Kedepan sudah ada wacana KONI pusat dan peserta Rakernas pun sudah membuat semacam keputusan, bahkan akan ada juga degradasi. Cabor yang menjadi anggota KONI Riau jika mereka tidak berjalan memenuhi kriteria yang ditentukan maka bisa di degradasi,” ujar Khairul Fahmi, di Pekanbaru.

Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu yang diminta itu adalah tuntutannya adanya kegiatan didalam cabor apakah itu nanti Kejurprov, Kejurda dan sebagainya. Itu kan sangat diperlukan dalam proses pembinaan prestasi. Cabornya ada tetapi tidak ada kegiatan didalam cabornya perlu juga akan dievaluasi.”Kedepannya akan seperti itu,” imbuhnya.

Ia menuturkan, karena cabor ini juga dituntut untuk memperbaiki sistem administrasinya. Karena KONI Riau tidak mungkin menerima semua cabor menjadi anggota KONI Riau karena ada proses atau tahapan untuk menjadi anggota KONI Riau.

Ia mengungkapkan, saat ini ada beberapa cabor yang secara aktivitasnya memang tidak atau kurang kelihatan, apakah itu didegradasi tentu harus keputusan dalam Raker, tetapi itu sudah ada warning saat pelaksanaan Rakernas.

“Ini juga mengingatkan kepada pengurus cabor agar tidak terlena juga, kedepannya itu akan di evaluasi. Ya evaluasinya aktivitas, karena tanpa aktivitas pembinaan dan sebagainya ya cabor tentu tidak akan berarti,” pungkasnya. (Mc. Riau)