Proses Ranking Seleksi CPNS Ditargetkan Selesai dalam 1 Minggu - Arbindonesia
November 22, 2018

Proses Ranking Seleksi CPNS Ditargetkan Selesai dalam 1 Minggu

Bagikan..
Foto: okezone.com

Jakarta – Pemerintah resmi mengumumkan perubahan aturan kelulusan dari sistem passing grade menjadi sistem ranking. Hal tersebut menyusul dikeluarkannya aturan Peraturan Menteri PanRB (Permenpan) Nomor 61 Tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan formasi pegawai negeri sipil dalam seleksi CPNS 2018.

okezone mengabarkan, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, dengan perubahan aturan tersebut, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan instansi di pusat maupun daerah untuk melakukan rekapitulasi hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di masing-masing instansinya.

Dirinya menargetkan dalam seminggu ke depan hasil rekapitulasi tersebut sudah diumumkan semuanya kepada publik baik lewat website pribadi, Kementerian ataupun via portal SSCN milik BKN.

“Pengumuman SKD karena masuknya berbeda, kita memperbolehkan mereka mengumumkan terlebih dahulu. Kalau sudah betul semua mereka silahkan untuk menyampaikan kepada peserta,” ujarnya di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Bima berharap pengumuman tersebut tidak molor dan tidak ditunda-tunda oleh instansi yang bersangkutan. Sebab dirinya menginginkan agar proses seleksi CPNS 2018 bisa rampung seluruhnya pada tahun ini.

Pasalnya jika hingga tahun depan masih berlangsung, maka BKN akan mengalami kesulitan dalam mempertanggungjawabkan anggaran 2018 nanti. Selain itu, jika molor hingga 2019 nanti, anggaran yang digunakan merupakan anggaran baru lagi.

“Kami berusaha agar tetap tepat waktu. Tapi karena Permenpannya hanya kemarin. Kemarin sebetulnya sudah ditandatangani. Target utamanya seluruh proses ini harus selesai tahun ini. Karena ada anggaran yang harus diselesaikan tahun ini,” jelasnya

Lagi pula lanjut Bima, dirinya menargetkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bisa dilangsungkan mulai 1 Desember hingga 4 Desember mendatang. Adapun 1 Desember khusus mereka yang tes menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sedangkan 3-4 Desember adaalah khusus mereka yang menggunakan fasilitas ujian milik BKN.

Alasan mengapa mereka yang menggunakan UNBK didahulukan adalah dikarenakan fasiltas UNBK akan digunakan oleh sekolah-sekolah untuk Ujian Sekolah yang akan jatuh pada akhir tahun, sehingga BKN memilih untuk memajukan tanggalnya agar mereka yang menggunakan fasilitas UNBK bisa berjalan dengan lancar.

“Tesnya karena tidak sebanyak SKD, maksimum yang ikut tes SKD kan 260 orang. Sehingga tempat tesnya tidak sebanyak tanggal 4 diharapkan kita sudah melakukan tes SKB,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, proses verifikasi perangkingan diharapkan sudah bisa rampung dalam seminggu ke depan. Sehingga SKB bisa dilangsungkan pada tanggal 4 Desember mendatang.

“Kita harapkan 7 hari ke depan lah (perankingan sudah bisa rampung),” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *