Plt Sekda Inhil Buka Rapat Dewan Ketahanan Pangan - Arbindonesia
Desember 29, 2015

Plt Sekda Inhil Buka Rapat Dewan Ketahanan Pangan

Bagikan..
Plt.SEKDA Membuka Rapat Dewan Ketahanan Pangan
Plt.SEKDA Membuka Rapat Dewan Ketahanan Pangan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Plt Sekda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Fauzar menghadiri sekaligus membuka secara resmi rapat dewan ketahanan pangan Kabupaten Inhil tahun 2015 di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhil, selasa (29/12/2015).

Kegiatan itu tampak dihadiri juga oleh Kepala BP2KP Inhil HM Yasin Abdi dan narasumber dari BKP Provinsi Riau H Masduki SP MM, H Fajar Husin SH MH, Sekretaris BP2KP Drs Maizul MM selaku ketua panitia, bulog Sub drivre Tembilahan, Parluhutan Siregar SH, camat Kempas R Arliansyah Ssi ME.

Plt Sekda mengatakan, pembangunan ketahanan pangan sudah menjadi komitmen dari pemerintah, sebagaimana arah kebijakan kabinet Jokowi-Jk pada agenda prioritas (Nawa cita) yaitu ‘ mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik’, yang salah satu upayanya adalah dengan membangun kedaulatan pangan.

Sejalan dengan hal tersebut maka telah ditetapkan pula kebijakan strategis pangan dan gizi 2015-2019 yang mana menentukan arah kebijakan pangan nasional. Untuk mempercepat sasaran kedaulatan pangan nasional 2015-2019 ditempuh melalui upaya Swasembada pangan untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi serta menghadapi persaingan pasar global.

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Saya ingin menegaskan bahwa pembangunan ketahanan pangan sudah menjadi komitmen dari pemerintah yang perlu kita dukung. Saya memandang rapat dewan ketahanan pangan ini sangat strategis dalam rangka memantapkan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Inhil khususnya sinergitas pelaksanaan pembangunan ketahanan pangan di tingkat kabupaten dan Kecamatan” ujar Fauzar.

Seperti yang kita ketahui, kondisi pangan selama 5 tahun terakhir telah memperlihatkan keragaman dan capaian ke arah yang lebih baik. Namun perlu digarisbawahi adalah capaian tersebut belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Karenanya, pada kesempatan tersebut Fauzar mengajak untuk mengevaluasi kembali apa saja yang masih belum maksimal dalam upaya-upaya sebelumnya.

Disamping itu rumuskan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan guna mendukung ikhtiar dalam mewujudkan Kabupaten Inhil yang lebih baik lagi, yang diawali dengan jaminan ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat.

“Untuk itu, saya sangat berharap rapat ini mampu menghasilkan rumusan-rumusan inovatif, berupa terobosan, langkah-langkah konkrit, gerakan yang berorientasi pada upaya pencapaian pembangunan kedaulatan pangan di Kabupaten Indragiri Hilir yang maju, bermanfaat, bermarwah dan bermartabat” harapnya. -mirwan-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.