Penyampaian SPT Online Diperpanjang - Arbindonesia
April 23, 2014

Penyampaian SPT Online Diperpanjang

Bagikan..

efilingJakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengeluarkan terobosan besar dengan mengeluarkan kebijakan terkait penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2013. Wajib pajak akan mendapatkan kemudahan untuk menunaikan kewajibannya.

Jika semula penyampaian SPT Tahunan bagi wajib pajak orang pribadi berakhir pada 31 Maret 2014, DJP memberikan perpanjangan waktu hingga 30 April 2014. Namun, perpanjangan ini hanya berlaku bagi wajib pajak yang memanfaatkan fasilitas penyampaian secara online melalui e-filing.
“Kita hanya memberikan pengecualian pengenaan sanksi administrasi berupa denda atas keterlambatan penyampaian surat pemberitahuan bagi wajib pajak orang pribadi yang menyampaikan surat pemberitahuan (spt) tahunan pajak penghasilan orang pribadi secara online (e-filing) saja,” ujar Endaryono, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Selatan, di Jakarta, kemarin.
Ia menambahkan, kegiatan perpanjangan penyampaian SPT Tahunan ini merupakan sebuah langkah untuk menyadarkan dan memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak yang ingin menyampaikan SPT secara e-filing namun menghadapi kesulitan dalam pelaksanaannya. Kebijakan ini sekaligus dalam rangka pembelajaran dan memberi kesempatan bagi Wajib Pajak orang pribadi untuk menyampaikan SPT Tahunan secara e-filing.
Lewat e-filing keruwetan wajib pajak yang sering antri panjang hingga memakan waktu cukup lama seharusnya bisa diatasi. Apalagi proyek ini pun turut membantu program go green yang tengah digalakkan pemerintah dengan penghematan penggunaan kertas. “Karena online kan bisa simpel, 24 jam dan 7 hari dalam seminggu selain itu program go green kan kita dukung juga,” tukas Endaryono.
Selain berbagai kemudahan tersebut, sasaran terpenting dalam perpanjangan penyampaian SPT ini sendiri adalah meningkatkan kualitas data perpajakan dan kepatuhan wajib pajak. Terobosan kebijakan ini diharapkan mampu membuat tingkat kepatuhan wajib pajak semakin meningkat.
Oleh karena itu, ia sangat mengharapkan kebijakan benar–benar dimanfaatkan Wajib Pajak. Sudah seharusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak menyampaikan SPT. Ayo segera sampaikan SPT Tahunan PPh Anda secara online. (inilah.com)
 
Cara Penyampaian Surat pemberiahuan Online (eFiling)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.