Pencairan Anggaran Secara Digital, BKAD Inhil Luncurkan 'Si Kapal Layar' - Arbindonesia
Juli 21, 2021

Pencairan Anggaran Secara Digital, BKAD Inhil Luncurkan ‘Si Kapal Layar’

WhatsApp_Image_2021-05-02_at_10.29.28__1_-removebg-preview
Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Dalam menjawab tantangan PMDN 77 Tahun 2020 bahwa transaksi keuangan dilakukan secara digital, serta untuk memudahkan para bendaharawan dalam melakukan proses pencairan.

Maka, pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) meluncurkan sarana proses pencairan anggaran secara digital melalui aplikasi ‘Si Kapal Layar’ (Sistem Informasi Kas dan Pencairan Digital Langsung Bayar).

Dengan ‘Si Kapal Layar’, para bendaharawan tidak perlu lagi secara langsung untuk memasukkan berkas pencairan di kantor BKAD Inhil, karena sudah dilakukan oleh sistem.

Hal ini tentunya mampu memberikan nilai efisien dan efektif bagi bendaharawan perangkat daerah, khususnya bagi yang jarak tempuhnya jauh dari Ibu Kota negeri yang berjuluk ‘Hamparan Kelapa Dunia’, Tembilahan.

Video Inovasi BKAD Kab. Inhil, Sumber Channel YT Litbang bapedda kabupaten Indragiri Hilir.

Seperti yang disampaikan Kepala BKAD Inhil, Hj Djamilah melalui Kepala Bidang Perbendaharaan Daerah, Efrizon mengatakan dalam pengelolaan keuangan daerah, inovasi-inovasi yang dilakukan oleh beberapa daerah adalah membangun informasi keuangan daerah berbasis teknologi informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Sehingga pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Oleh karena itu, BKAD Inhil membuat sebuah terobosan yang Inovatif dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien dan transparansi. Salah satunya melalui terobosan dalam Inovasi ‘Si Kapal Layar’ (Sistem Informasi Kas dan Pencairan Digital Langsung Bayar).

“Selama ini bendaharawan di setiap perangkat daerah dalam proses melakukan pemberkasan pencairan khususnya gaji hanya dilakukan secara manual,” imbuh Efrizon saat di ARBIndonesia.com, Senin (19/7/2021).

Klik tautan ini untuk mengunggah berkas di inovasi Si Kapal Layar : SI KAPAL LAYAR

Dengan adanya ‘Si Kapal Layar’ ini, kata Efrizon, bendaharawan tidak perlu lagi berbondong-bondong datang ke BKAD untuk melakukan pencarian gaji.

“Artinya, berkas-berkas yang dimasukan ke BKAD tidak perlu lagi diantar langsung dan bertatap muka kepada tim ferivikasi. Cukup dengan mengunduh dokumen-dokumen tersebut di aplikasi ‘Si Kapal Layar’,” tutur Kabid Perbendaharaan Daerah BKAD Inhil.

Selain itu kata Efrizon, trobosan inovasi aplikasi ‘Si Kapal Layar’ ini juga bertujuan untuk mempermudah setiap bendaharawan di masing-masing perangkat daerah dalam melakukan proses pencarian.

“Dengan adanya inovasi tersebut, selain menghemat tenaga serta mampu memangkas waktu proses pengurusan pencairan, “Si Kapal Layar” juga mampu menghemat biaya operasional yang dikeluarkan oleh bendahara perangkat daerah untuk pergi ke BKAD Inhil di Tembilahan,” ungkapnya.

Terlebih lagi ditengah pandemi covid-19 ini kata Efrizon, inovasi ini juga merupakan salah satu solusi bagi BKAD Inhil dalam memberikan pelayanan maksimal dengan
mengurangi tatap muka secara langsung untuk pencegahan penyebaran covid-19 yang bisa menimbulkan klaster baru.

‘Ini merupakan sumbangsih pemikiran kami di bidang keuangan. Semoga dengan adanya aplikasi ini benar-benar memberikan manfaat dan nilai tambah bagi kita dalam pengelolaan keuangan daerah,” harapnya.

Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *