Pemdes Pasir Agung Taja Sosialisasi Serta Penyerahan BLT DD pada Warga Penerima Manfaat - Arbindonesia
Mei 16, 2020

Pemdes Pasir Agung Taja Sosialisasi Serta Penyerahan BLT DD pada Warga Penerima Manfaat

Kabid Pengendalian Dampak Kerusakan Lingkungan BLH Prov Riau, H. Martin, MP
Bagikan..

ARBindonesia.com, ROKAN HULU – Pemerintahan Desa (Pemdes) Pasir Agung menaja sosialisasi serta penyerahan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada masyarakat yang menerima manfaat bantuan tersebut, Jum’at (15/5/2020) siang.

Sosialisasi digelar di ruang Balai Desa Pasir Agung, jalan Brigjen Slamet Riyadi, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Desa Pasir Agung, Siswanto dalam sambutannya mengatakan wabah pandemi covid-19 telah membuat perekonomian masyarakat terganggu, untuk itu Pemerintahan Desa telah diberi bantuan besar oleh Presiden RI melalui Kemendesa untuk mengalokasikan dana Desa dengan memberikan BLT DD kepada masyarakat karena dampak Covid-19.

“Dana ini sebenarnya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang bersumber dari pajak yang telah dibayarkan oleh masyarakat. Kami dari Pemerintahan Desa Pasir Agung sangat mendukung Program Pemerintah Pusat, Pemprov Riau dan Pemkab Rohul terkait penyaluran dana BLT DD ini,” ujar Siswanto.

Lanjutnya, BLT DD ini nantinya akan diberikan kepada 130 orang KK dengan besaran 600 ribu per bulan dan akan diberikan selama tiga bulan kepada Keluarga Penerima manfaat.

“Penerima di Desa Pasir Agung sudah di verifikasi sebanyak tiga kali oleh petugas yang bertujuan agar jangan terjadi tumpang tindih dengan penerima bantuan program yang lainnya. Mohon pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Kepala Desa Pasir Agung.

Dikesempatan tang sama, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Manaf Latif, M.Kom mengatakan bahwa dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian masyarakat membuat Pemerintah Pusat melalui Kemendesa  memberikan kewenangan kepada Pemerintah Desa untuk menyalurkan dana BLT DD kepada masyarakat yang tergolong miskin.

“Untuk Kabupaten Rokan Hulu ada beberapa desa yang telah menyerahkan dana BLT DD kepada penerima manfaat, yakni Desa Ali Antan Kecamatan Tandun, Desa Giti Kecamatan Kabun dan Desa Pasir Agung yang merupakan desa pertama di Kecamatan Bangun Purba,” papar Manaf.

Dari pantauan dilokasi, pada sosialisasi dan penyerahan dana BLT DD tampak hadir Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Rokan Hulu Abdul Manaf Latif, M.Kom, Kepala Desa Pasir Agung Siswanto, Sekdes Pasir Agung Dwi Marsuwun, Bhabinkamtibmas Desa Pasir Agung, Pendamping Desa (PD) P3MD Endro Prayitno, Pendamping Lokal Desa (PLD) Jaloan serta ratusan masyarakat penerima manfaat dana BLT DD.

Reporter M. Syari Faidar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *