Mei 18, 2024

Pembelah Laut Biru dan Hijau, Pulau Dodola Syurganya Pariwisata di Morotai

Pengunjung wisata Pulau Dodola, arbindonesia.com

Bagikan..
Video

ARBIndonesia.com, PULAU MOROTAI – Pulau Dodola merupakan salah satu destinasi wisata domestik unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Pulau ini banyak dianugerahi akan keindahannya, sehingga ia disebut sebagai syurganya pariwisata di Kabupaten yang memiliki 33 pulau ini.

Keberadaannya tepat di antara pertengahan laut biru dan laut hijau, sehingga pulau ini juga disebut sebagai pulau pembelah lautan.

Uniknya juga, pulau ini terdiri dari Pulau Dodola besar dan Dodola kecil. Kedua pulau ini terhubung oleh hamparan pantai pasir putih yang lembut, hal itu hanya bisa terlihat saat air laut sedang surut.

Jalan pasir putih dari Pulau Dodola Besar menuju Dodola Kecil

Dari tinjauan langsung dilokasi oleh arbindonesia.com, untuk melewati hamparan pasir antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil membutuhkan sekitar 780 langkah orang dewasa.

Keindahan lainnya pada Pulau Dodola ini, selain menjadi tempat favorit snorkling dan diving, dari informasi yang dihimpun keindahan bawah lautnya juga tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini.

Selain itu juga terdapat beberapa kapal dan pesawat perang yang karam di dasar laut. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia ke-2.

Terlebih dipulau ini juga pengunjung dapat mengitari keindahan hutan mangrove dengan bersepeda.

Pengunjung pulau dodola dari Kab.Indragiri Hilir

Akan tetapi, sejak masa pandemi covid 19, pengunjung wisata di Pulau Dodola ini turun secara drastis dan hanya di kunjungi oleh wisatawan lokal.

“Sejak pandemi covid 19 hanya wisatawan lokal saja, biasanya wisatawan mancanegara negara ramai datang kesini,” kata salah seorang petugas di tempat wisata Pulau Dodola, Minggu (4/4/2021).

Untuk menuju kelokasi Pulau Dodola yang tidak berpenghuni ini, dari ibu kota Kabupaten Pulau Morotai, Daruba hanya memakan waktu tempuh sekitar 20 menit menggunakan seedboat.

Arbain