Pasien Positif Covid di Inhil, Apakah akan Divaksin? - Arbindonesia
Januari 13, 2021

Pasien Positif Covid di Inhil, Apakah akan Divaksin?

Bagikan..

ARBindonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Melalui data yang dihimpun per 12 Januari, sebanyak 130 pasien positif covid-19 saat ini tengah menjalani Isolasi, baik mandiri maupun di Rumah Sakit perawatan Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Dari pasien yang saat ini masih dinyatakan positif covid, apakah akan disuntik Vaksin ?

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Inhil berencana akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari secara serempak se-Indonesia. Akan tetapi hal tersebut tertunda dikarenakan hal tertentu.

Mengenai pasien positif covid-19 apakah akan mendapatkan vaksin, secara tegas Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, dr Saut Pakpahan mengatakan bahwa pasien positif covid-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan tidak masuk dalam kategori pemberian vaksin.

Akan tetapi pasien yang sudah dinyatakan sembuh, nantinya akan diberi vaksin diwilayahnya masing-masing.

“Pasien positif yang bergejala tidak boleh di beri vaksin dulu. Sebab pasien ada penyakit komorbid (penyakit penyerta bawaan),” kata dr Saut kepada arbindonesia.com, Rabu (13/1/2021).

“Kita juga belum ada petunjuk mengenai hal tersebut. Petunjuk yang saat ini hanya untuk tenaga kesehatan saja dulu yang akan di berikan vaksin,” tambahnya.

Terpisah, hal senada juga disampaikan oleh dr Afrizal Darmawan, Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Inhil, bahwa pasien yang terkonfirmasi postif Covid-19, baik yang tidak bergejala maupun yang memiliki penyakit bawaan tidak masuk dalam pemberian vaksin.

“Tidak Disuntik Vaksin, karena sudah ada juknisnya (petunjuk teknis) mengenai pemberian vaksin. Tahap pertama ini difokuskan untuk tenaga kesehatan dulu,” kata H Afrizal kepada arbindonesia.com, Rabu (13/1/2021).

Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *