Juni 20, 2024

Menuju Swasembada, Pj Bupati Inhil Harapkan Seluruh ASN di Inhil Beli Beras Lokal

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Guna mendukung program pemerintah pusat terhadap ketahanan pangan nasional, Pj Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Herman terus mengupayakan kebutuhan beras lokal untuk menuju swasembada beras bagi masyarakat Inhil.

Haji Herman menyebutkan bahwa produksi beras lokal menjadi atensi serius bagi dirinya sebagai Pj Bupati Inhil, hal itu bertujuan agar ketersedian beras dalam wilayah inhil dapat dijadikan penopang ekonomi kerakyatan demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi para petani.

“Kita sudah mencanangkan gerakan tanam padi serentak seluas 3000 Ha beberapa bulan lalu, dari hasil penanaman kemarin, alhamdulillah hari ini sudah mulai ada yang panen,” terang Haj Herman, Sabtu (11/05/2024).

Bahkan ia menyebut hasil produksi gabah lokal oleh para petani yang ada di kawasan Inhil cukup banyak diminati oleh para pedagang yang berasal dari provinsi tetangga.

Namun demikian Haji Herman menginginkan agar produksi gabah tersebut dapat diproduksi secara swakelola oleh warga Inhil guna meningkatkan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

“Kita menginginkan gabah yang sudah dihasilkan langsung di produksi para petani untuk di jadikan beras, sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi ketimbang menjual gabah ke wilayah lain, dan hari ini kita telah sepakat agar seluruh produksi hasil gabah oleh para petani tidak lagi dijual ke luar daerah,” ungkap Pj Bupati.

Terkait dengan pemasaran beras lokal itu Haji Herman menyatakan pemerintah daerah siap mendukung program swasembada tersebut dimulai dari instansi pemerintah Kabupaten Inhil sendiri.

“Nantinya kita harapkan seluruh ASN yang ada di kabupaten Inhil ini membeli beras lokal kita, terkait mekanismenya kita akan duduk bersama para OPD untuk merumuskannya,” pungkasnya.

Terakhir Pj Bupati Inhil mengatakan dalam rangka memajukan produksi beras serta merek dagang produk beras lokal petani tersebut, Pemkab Inhil melakukan inovasi dengan mengadakan sayembara bagi warga Inhil untuk merancang dan mendesain kemasan gambar karung beras untuk dijadikan logo merek dagang beras petani tersebut. (Adv)