Juni 20, 2024

Longsor Kembali Robohkan Rumah dan Jalan Umum di Tanah Merah

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Bencana longsor kembali terjadi di Jalan Pendidikan Gg. Seni RT 002 RW 001 Dusun Sungai Perigi Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Selasa (30/4/2024).

Terdapat enam rumah terdampak akibat bencana tersebut.

“Ada 6 rumah warga, pos kamling dan jalan umum sekitar 30 meter yang ambruk ke sungai,” kata Kapolsek Tanah Merah Iptu Edi Saputra.

Longsor di Tanah Merah merupakan kesekian kalinya terjadi. Hari ini warga kembali merasakan bencana serupa.

“Warga merasakan kondisi rumah mulai miring dan dan melihat tanah di bawah bergerak ke belakang, merja berteriak longsor dan berhamburan menyelamatkan diri,” sebutnya.

Beberapa barang berharga berangsur-angsur diselamatkan dari dalam rumah yang perlahan jatuh ke sungai.

“Tak ada korban jiwa, kerugian materil diperkirakan sebanyak Rp. 500.juta. Longsor disebabkan oleh abrasi air sungai, hal ini dikarenakan pemukiman berada disepanjang pinggir sungai, dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor, air dalam keadaan surut kering,” papar Kapolsek.

Hingga saat tim dari Pemerintah Kecamatan Tanah Merah, Polsek Tanah Merah dan Koramil 02 Tanah Merah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik korban.

“Yang masih bisa diselamatkan, kami selamatkan, sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar TKP tanah longsor,” jelasnya.

Adapun pemilik rumah yang terdampak bencana longsor antara lain:
Bedu Rasakka (55)
Kateno (46)
Razak (89)
Sopian (50)
Zainah (60)
Kamaluddin (47).

“Kami juga telah mengimbau kepada masyarakat sekitar, tidak mendekati lokasi longsor karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan,” pungkasnya. ****