KPU Gelar Rapat Pleno, Bawaslu : KPU Mesti Melibatkan Bawaslu Secara Langsung - Arbindonesia
Mei 6, 2020

KPU Gelar Rapat Pleno, Bawaslu : KPU Mesti Melibatkan Bawaslu Secara Langsung

Bagikan..

ARBindonesia.com, KAMPAR – Bahas Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar menggelar rapat pleno melalui Video Conference Zoom bersama Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu), Rabu (6/5/2020).

Dalam Rapat Pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kampar, Ahmad Dahlan, SE, ME.Sy menjelaskan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang telah dilakukan KPU hingga bulan April 2020 berjumlah 476.662 Pemilih.

“Dari 241.684 Pemilih Laki-laki, dan 234. 978 Pemilih Perempuan yang tersebar di 21 Kecamatan dan di 250 Desa/Kelurahan di Kabupaten Kampar,” paparnya.

Lanjutnya, dari semua jumalah pemilih tersebut telah ditetapkan KPU melalui Berita Acara KPU Kampar nomor: 007/PL.02.1-BA/1401/KPU-Kab/V/2020 Tanggal 04 Mei 2020 dan ditandatangani Komisioner KPU Kampar.

Atas hal tersebut, Ketua Bawaslu Kampar
Syawir Abdullah, SH melalui Pimpinan Bawaslu, Marhaliman, pada rapat pleno mempertanyakan sejauh mana sosialisasi KPU dalam upaya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini.

Selain itu, ia juga mempertanyakan khusus bagi pemilih yang telah meninggal dunia agar jangan sampai datanya masuk kembali.

“KPU mesti sudah mencoretnya dari Data Pemilih Berkelanjutan ini, termasuk persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda,” ujarnya

Kita berharap, apakah KPU telah mencoret data pemilih yang telah meninggal dan DPT ganda atau belum. Ini sangat penting untuk menentukan akurasi data pemilih kedepan.

“Kedepan KPU mesti melibatkan Bawaslu secara langsung dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tersebut, ujarnya. (*)

Laporan Yusrizal /Faidar
Editor Arb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *