Jadi Kanker di Pemerintahan, Jokowi Harus Segera Ganti Jusuf Kalla - Arbindonesia
Januari 10, 2016

Jadi Kanker di Pemerintahan, Jokowi Harus Segera Ganti Jusuf Kalla

Bagikan..

 

uchok-sky-khadafi_20160110_202852JAKARTA – Direktur Centre for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menuding biang masalah kabinet Jokowi justru ada pada wakilnya, yakni Jusuf Kalla (JK).

Karena itu, kata Uchok, kalau ada instrumen yang melegalkan, lebih baik Jokowi mereshuffle JK sebelum membersihkan yang lainnya di Kabinet.

“Kalau bisa Jusuf Kalla itu yang perlu direshuffle, bukan karena uzur, karena memang dia tidak paham Nawa Cita. Kalau tidak direshuffle dia bisa menjadi kanker di dalam kabinet itu sendiri,” kata Uchok dalam diskusi bertajuk ‘Gaduh Reshuffle, Siapa Menteri Tergusur?’ di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/1/2016).

Tetapi, bila tidak ada regulasi yang melegalkan itu, lebih baik kata Uchok, Jokowi membatasi ruang gerak JK dalam urusan politik.

Sebagaimana yang dilakukan Presiden SBY saat menjabat presiden, contoh Uchok.

“‎Menteri Rini, Menteri ESDM, Bappenas ini kan orangnya JK semua, kalau mau digusur harus mencontoh politiknya SBY. Jadi JK dibatasi geraknya dalam politik. ‘Sudah kamu jangan main politik, urusan bisnis saja’. Tapi Jokowi juga harus memiliki tim kuat untuk urusan politik,” kata  Uchok.

Selain Menteri BUMN dan Menteri ESDM, kata Uchok, menteri seharusnya diganti dalam reshufle kabinet jilid II adalah Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BIN, Sutiyoso, lantaran umurnya.

“JK, Luhut, Sutiyoso itu ABG tua. secara psikologis kan pengen eksis,” kata Uchok.

Karena itu, tegas Uchok, para ‘orang tua’ itu layak di copot oleh presiden Jokowi dari posisinya.

“Kalau tidak direshuffle sebagai kanker dalam kabinet Jokowi,” tegas Uchok./ tribunnews.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.