Dugaan Pelecehan Seksual Menimpa Mahasiswi di Riau - Arbindonesia
November 4, 2021

Dugaan Pelecehan Seksual Menimpa Mahasiswi di Riau

images (27)

Ilustrasi Pelecehan seksual. quickanddirtytips.com

Bagikan..

ARBIndonesia.com, PEKANBARU – Dugaan pelecehan seksual menimpa salah seorang mahasiswi di perguruan tinggi Universitas Riau (UR) angkatan 2018.

Dugaan pelecehan seksual itu viral setalah video keterangan korban di upload oleh akun Instagram komahi_ur, Kamis (4/11/2021).

Dari video yang ratusan ribu kali tanyang itu, terlihat seorang wanita duduk sendiri di depan kamera dengan wajah buram. Wanita itu mengaku sebagai mahasiswi jurusan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) angkatan 2018.

Tak hanya itu, Mahasiswi tersebut juga mengaku telah dilecehkan di lingkungan kampus saat melakukan bimbingan skripsi.

“Kronologinya terjadi pada 27 Oktober lalu, hari Rabu sekitar pukul 12.30 WIB,” kisah Mahasiswi itu.

Saat itu katanya, peristiwa tersebut terjadi saat akan melakukan bimbingan skripsi dengan dosen pembimbing yang memiliki jabatan penting di kampus tersebut.

Ia mengaku bimbingan skripsi di ruangan sang dosen seorang diri. Tidak ada orang lain saat mulai bimbingan hingga selesai.

“Mengawali bimbingan dan menanyakan pertanyaan tentang pekerjaan, kehidupan, dan beberapa kali mengatakan kata-kata yang membuat saya tidak nyaman. Seperti ‘i love you’. Hal itu membuat saya terkejut,” kata mahasiswi itu dalam video yang beredar.

Setelah bimbingan berjalan lancar, ia pamit dan menyalami tangan sang dosen. Lalu ia mengaku bahunya dipegang erat oleh sang dosen. Tak lama setelah itu tubuhnya didekatkan dan kepalanya dipegang lalu sang dosen tersebut mencium pipi kiri dan kening.

Merasa ketakutan, mahasiswi itu kemudian menunduk. Namun kepalanya kembali diangkat ke atas dalam kondisi ketakutan.

“Saya sangat ketakutan, saya langsung menundukkan kepala saya. Namun kepala saya langsung diangkat keatas dan berkata ‘mana bibir, mana bibir’ yang membuat saya sangat terhina dan terkejut,” ungkapnya

Karena menolak, mahasiswi itu kemudian diizinkan meninggalkan ruangan. Tanpa buang waktu, ia langsung keluar dari ruangan sang dosen dengan kondisi ketakutan.

“Saya langsung meninggalkan ruang dekan dan kampus dengan gemetar,” katanya.

Atas perbuatan itu, Mahasiswi tersebut mengaku sangat terhina dan sangat dilecehkan atas peristiwa yang menimpa dirinya.

https://www.instagram.com/tv/CV2Jn0zlAln/?utm_medium=share_sheet

Menanggapi persoalan tersebut, dilansir dari tribunpekanbaru.com saat melakukan upaya konfirmasi kepada Dekan FISIP UNRI, Syafriharto.

Saat dihubungi lewat sambungan telfon dan ditanyai perihal video pengakuan yang telah viral itu, Syafriharto mengaku belum mengetahuinya.

“Hah, tak tahu saya tuh, belum dapat saya informasinya,” kata Syafriharto, Kamis (4/11/2021).

“Coba kirim (videonya),” imbuhnya.

Tribunpekanbaru.com lalu mengirimkan video yang diminta oleh Syafriharto lewat pesan WhatsApp.

“Nanti saya cek dulu,” tuturnya lewat pesan WhatsApp.

Selanjutnya, tribunpekanbaru.com memintai tanggapan atau klarifikasi dari Syafriharto.

“Saya belum tau ni… terkejut saya ni,” sebut Syafriharto membalas pesan.

Saat ditanyai terkait ini, apa langkah yang akan diambilnya, dan apakah dia melontarkan bantahan atas tuduhan itu, Syafriharto belum memberikan balasan.

Editor Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.