Februari 24, 2024

DPT di Pekanbaru Banyak Pemilih Perempuan, Segini Jumlahnya

Ilustrasi, mcr.

Bagikan..

ARB INdonesia, PEKANBARU – Jumlah pemilih perempuan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang di Kota Pekanbaru lebih banyak dari pemilih laki-laki. Hal tersebut berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru tentang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024.

Berdasarkan rapat pleno tersebut KPU Pekanbaru menetapkan jumlah DPT pada pemilu mendatang adalah sebanyak 771.497 pemilih.

Dari jumlah tersebut pemilih perempuan mencapai 391.282 dan laki-laki 380.215 pemilih. Mereka tersebar di 2.756 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh kecamatan di Pekanbaru.

Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Mercyanto menjelaskan DPT yang ditetapkan diharapkan menjadi daftar pemilih Pemilu yang tetap dan berkualitas. Kata dia, berdasarkan rumus yaitu 70 persen dari jumlah penduduk merupakan daftar pemilih, maka DPT yang disahkan sudah mendekati angka ideal.

“Mudah-mudahan, kualitas DPT cukup baik. Sehingga bisa mendukung pelaksanaan selanjutnya,” kata Anton, Jumat (23/06/2023).

Setelah DPT ditetapkan, maka tahapan selanjutnya, menyusun daftar pemilih tambahan atau DPTb, jika masih ada penduduk yang baru pindah ke Pekanbaru.

“Termasuk pindah pemilih, masuk ke daftar pemilih tambahan. Hanya saja kita tunggu dan lihat, mana tahu ada kebijakan yang lain, tentu melihat situasi. Tetapi dari proses dan rumusan, angkanya sudah masuk. Kalaupun ada pergerakan data, tidak terlalu signifikan dan itu masuk dalam DPTb,” kata dia. *** (sm.MC Riau)