DKP Inhil Upayakan Budidaya Ikan Gabus - Arbindonesia
Maret 18, 2014

DKP Inhil Upayakan Budidaya Ikan Gabus

Bagikan..

Setiap harinya pedagang ikan gabus tidak pernah sepi dari pembeli
Setiap harinya pedagang ikan gabus tidak pernah sepi dari pembeli

TEMBILAHAN (detikriau.org) — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Indragiri Hilir sedang  berupaya mengembangkan budidaya ikan gabus. Ikan endemis tempatan ini dinilai memiliki prospek kedepan yang sangat baik.
Dikatakan Kepala DKP Inhil, H Urif Sukarno, agar usaha budidaya ikan gabus dapat berhasil dan memberikan dampak baik kepada masyarakat, DKP mencoba melakukan study banding ke sejumlah daerah yang sudah melakukan pembudidayaan ikan yang lebih dikenal masyarakat Inhil ini dengan nama Ikan Haruan.
“Kita akan pelajari bagaimana melakukan budidaya ikan gabus ini dengan baik agar usaha ini nantinya dapat diaplikasikan ditengah masyarakat sebagai salah satu sumber pendapatan ekonomi dan pastinya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Sampaikan urip
Ditambahkan Urip, dari hari kehari permintaan akan ikan gabus oleh masyarakat semakin meningkat. disamping rasa dagingnya yang enak, daging ikan gabus dipercaya masyarakat dapat menjadi obat.
“Terjadinya peningkatan permintaan pastinya akan berdampak pada peningkatan harga. ini sebuah prospek yang baik jika dapat diimplementasikan kepada masyarakat untuk menjadi salah satu peluang usaha.” Tambah urip.
Sejauh ini menurut Urip ada beberapa persolan yang biasa ditemukan dalam budi daya ikan gabus. terutama sipat kanibalismenya, atau saling menyerang sesamanya. Oleh sebab itu harus dilakukan pemisahan, sehingga ikan-ikan itu bisa hidup dengan baik.
“Butuh proses bagi kita. Proses itu yang nantinya membawa kita kepada keberhasilan dalam usaha budidaya ikan jenis apapun termasuk ikan yang sangat sulit dibudidayakan sekalipun seperti ikan gabus,” papar Urif.
Meski tidak dalam jumlah besar, Urif mengakui masyarakat Kecamatan Sungai Batang saat ini sudah mampu melakukan budi daya ikan gabus. Bahkan pertumbuhan budidaya disana mengalami kemajuan yang baik Walau diketahui apa yang dilakukan itu tidak mudah, karena butuh keterampilan.
“Yang perlu kita pelajari bagaimana cara kita mampu memisahkan calon bibit ikan agar tidak saling serang ketika dimasukan dalam suatu wadah pemeliharaan secara bersamaan. Tapi tampaknya masyarakat disana mampu melakukan itu,” pujinya (dro)

4 thoughts on “DKP Inhil Upayakan Budidaya Ikan Gabus

  1. Bukan hanya ikan darat pak, ikan sungai seperti patin memiliki poyensi ekonomi yang juga sangat besar. harusnya DKP menjaga kelestarian ikan ini agar tidak punah. Di Pulau Jawa, sudah ada budidaya ikan patin sungai dan mereka berhasil. termasuk ikan-ikan sungai endemik Inhil lainnya cukup banyak yang memiliki nilai ekonomi tinggi salah satunya udang alajh. jangan sampai sumber daya alam ini punah seperti ikan terubuk yang saat ini bahkan namanyapun tidak lagi dikenal oleh kalangan generasi muda Inhil…..

  2. Asal jangan peserta budidaya bukan berasal dari bubuhannya haja..!! Kebanyakan bantuan dari DKPP selama ini selalu saja Nepotisme!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.