Juli 18, 2024

Ditengah Turunnya Harga Buah Kelapa, Usaha Santan Lebih Menjanjikan

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Di tengah fluktuasi harga kelapa yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), masyarakat banyak mencoba peruntungan di bidang usaha lain. 22/06/23

Namun, mereka tetap memegang kelapa sebagai bahan utama dalam usaha mereka. salah satu warga Kota Tembilahan, Karim (30), memutuskan untuk membuka usaha menjual santan kelapa di jalan Telaga Biru, tepatnya di samping Sendiko Tembilahan.

Karim mengungkapkan bahwa dalam sehari, ia bisa menghabiskan sekitar 250 biji kelapa untuk diolah menjadi santan, yang kemudian dijual.

“Harga santan kelapa per kilogram adalah 15 ribu rupiah, dan dari satu kelapa bisa menghasilkan 3 ons kelapa parut,” jelasnya.

Meskipun harga kelapa mengalami fluktuasi yang tidak menentu, Karim justru melihat peluang bisnis yang menjanjikan dengan memanfaatkan kelapa. Ia tidak mengeluhkan kelemahan harga kelapa seperti yang dirasakan oleh orang lain.

“Tapi, kalau musim hujan biasanya pembeli berkurang,” tambah Karim.

Meskipun demikian, ia tetap bersemangat untuk terus menjalankan usahanya.

Dengan kemampuan adaptasi dan kreativitas yang dimilikinya, Karim berharap usaha santan kelapanya tetap berkembang meskipun menghadapi tantangan di pasaran.

Keberanian Karim untuk berusaha di tengah fluktuasi harga kelapa ini memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitarnya.

Banyak yang melihatnya sebagai contoh nyata bahwa kelapa, meskipun harganya berubah-ubah, masih bisa menjadi sumber penghidupan yang menguntungkan.

Tidak hanya itu, usaha santan kelapa Karim juga memberikan dampak positif bagi petani kelapa di sekitar Inhil. Dengan adanya permintaan yang stabil untuk kelapa, petani menjadi lebih termotivasi untuk meningkatkan produksi dan kualitas kelapa mereka.

Dengan segala tantangan yang dihadapinya, Karim terus berusaha mengembangkan usahanya.

Ia berharap dapat memperluas jaringan pemasarannya dan menciptakan produk-produk turunan dari kelapa yang lebih variatif. Dengan demikian, usaha santan kelapa Karim dapat terus berjalan dengan sukses dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian lokal di Inhil. (Adv DPMPTS)