Ditaja Dinkes Inhil, ini Potret 60 Kader Posyandu di Inhil Ikuti Peningkatan Kapasitas Pencegahan dan Penanggulangan Stunting - Arbindonesia
November 4, 2021

Ditaja Dinkes Inhil, ini Potret 60 Kader Posyandu di Inhil Ikuti Peningkatan Kapasitas Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

1636353832451
Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Sebanyak 60 kader Posyandu di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting.

Kegiatan tersebut ditaja oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil melalui bidang Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat disalah satu hotel di Tembilahan, 2-3 November 2021.

Para kader poryandu yang hadir merupakan perwakilan dua orang dari setiap Puskesmas. Selama dua hari mereka diberi pembekalan terkait peran serta kader posyandu dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting.

“Kader posyandu orang yang salah satu dapat berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, oleh karena itu perlu di lakukan peningkatan kapasitan kader tentang stunting,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Rini indriani, SST, M Kes kepada awak media.

Rini menjelaskan stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan berkembang, akibat kekurangan gizi kronis, infeksi yg berulang terutama di 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

“Untuk kegiatan pencegahan dan penangulangan stunting dapat di deteksi dini dengan ibu hamil, bayi dan balita datang ke posyandu,” ujarnya.

Rini menambahkan stunting dapat dicegah sejak masa kehamilan dengan acara memenuhi nutrisi, pemeriksaan kandungan secara rutin, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHS, hindari paparan asap rokok dan rutin berolahraga. (Adv/Galeri Foto/Arbain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.