Bangunan Tinggi yang Terbengkalai, Pemkab Inhil Gelontorkan Dana 10 M untuk Jadikan Perpustakaan - Arbindonesia
Maret 6, 2020

Bangunan Tinggi yang Terbengkalai, Pemkab Inhil Gelontorkan Dana 10 M untuk Jadikan Perpustakaan

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Berada di Jalan Pendidikan Tembilahan, bangunan tinggi yang telah lama terbengkalai itu akan segera dilanjukan pembangunannya untuk difungsikan menjadi Perpustakaan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) – Riau.

Untuk menjadikan Perpustakaan yang berstandar Nasional, diperkirakan akan menelan anggaran sebesar 35 Miliar. Secara bertahap, pada tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Inhil mendapatkan gelontoran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 10 Miliar melalui Pemerintah Pusat.

Hal itu disampaikan oleh H Said Syarifuddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil kepada arbindonesia.com saat diwawancarai, Kamis (5/3/2020).

“Dari anggaran 10 Miliar, Perpustakaan tersebut nantinya sudah akan fungsional. Jika pada tahun ini berjalan baik,  kemungkinan pada tahun depan Pemkab Inhil bisa kembali mendapatkan anggaran DAK tersebut,” tutur H Said Syarifuddin diruang kerja.

Dalam waktu dekat akan segera dilakukan pelelangan oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Inhil.

“Untuk DED nya sudah selasai, tinggal di lelang saja lagi”, kataya.

Selain itu,  Sekda menyampaikan bahwa Pemkab Inhil berkomitmen akan menuntaskan PR tersebut hingga selesai. Jika tidak dilanjutkan pembangunannya, gendung yang memiliki desain yang bagus tersebut hanya akan menjadi bagunan tua saja.

“Padahal bangunannya bagus dan desainnya juga bagus, namun sayang sekali tidak selesai. Kalau belum selesai artinya ya… harus kita selesaikan dulu,” ujar H Said Syarifuddin.

Mudah-mudahan awal tahun depan sudah bisa berfungsi, tinggal dipacu lebih cepat untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya seperti interior dan buku-buku, serta tambahan-tambahan dana lainya untuk menyelesaikan renovasi bangunan tersebut secara keseluruhan.

Dengan berjalannya perpustakaan Daerah itu nantinya, mulai dari pengelolaan, pelayanan, sarana dan prasarana yang disediakan akan lebih baik dari yang sudah baik saat ini.

“Hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menumbuh kembangkan minat baca pelajar, anak muda dan masyarakat kedepanya,” harapnya.

“Asosiasi perpustakaan sekolah juga bisa bekerja sama untuk memanfaatkan itu nanti,” tutup Sekda.

Reporter Arbain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.