2015, Insel dan Inhut Dipastikan Mekar - Arbindonesia
Maret 2, 2015

2015, Insel dan Inhut Dipastikan Mekar

Bagikan..
Foto: Mirwan
Foto: Mirwan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Dua calon daerah otonomi baru yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yakni Inhil Selatan (Insel) dan Inhil Utara (Inhut) dipastikan akan mekar pada tahun 2015 ini. Meskipun proses ini masih ada berbagai dinamika di internal.

Pernyataan ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy usai melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil, DPRD Inhil, serta Tim Pemekaran Insel dan Inhut di aula kantor Bappeda Kabupaten Inhil Jalan Akasia Tembilahan, Senin (2/3/2015).

“Saya memastikan dan menjanjikan bahwa Kabupaten Inhil ini akan dimekarkan tahun 2015 ini juga,” kata Lukman Edy dengan tegas.

Dalam pertemuan itu sangat diapresiasinya karena semua kalangan yang berkaitan dengan percepatan pemekaran daerah otonomi baru hadir dan semua mengeluarkan aspirasi masing-masing sehingga ia mengetahui dinamika yang ada di internal.

Meski terdapat sedikit dinamika seperti perbedaan pendapat, dikatakannya, hal tersebut dikembalikan saja kepada  Pemerintah Pusat dan DPR RI untuk memberikan pertimbangan secara objektif dan menilai opsi mana yang paling potensial untuk mewujudkan pemekaran secara ideal ini.

Bahkan ia menegaskan, dinamika-dinamika yang ada di kabupaten tersebut tidak menjadikan suatu hambatan dalam proses pemekaran. Namun, ia meminta kepada seluruh pihak terkait yang ada di Kabupaten untuk bersepakat apapun keputusan di pusat harus terima secara lapang dada.

“Saya menjanjikan dinamika ini tidak akan menggagalkan upaya rencana pemekaran, tapi ketika sudah ada putusan nantinya harus sepakat menerima, itulah hasilnya,” pintanya.

Terkait pastinya mekar tahun ini, diyakinkannya dengan adanya Paripurna nantinya bersamaan akan memekarkan sebanyak 25 daerah otonomu baru. Dan ini dilakukan paling lambat tanggal 30 Desember mendatang.

Meski demikian, Lukman Edy tetap meminta kepada seluruh tim percepatan pemekaran ini untuk terus berkoordinasi dan terus berkomunikasi. Jika terdapat persoalan internal segera dituntaskan secara kekeluargaan. Karena katanya, penilaian pemekaran ini salah satunya dilakukan secara teknis.

Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan melalui Asisten I Setdakab Inhil Darussalam saat dikonfirmasi sejumlah awak media menjelaskan, proses pemekaran dua calon otonomi baru untuk ditingkat Kabupaten secara administrasi sudah rampung, baik rekomendasi dari Pemkab Inhil maupun DPRD Kabupaten Inhil.

“Yang jelas kita terus mensuport atas kesiapan pemekaran Kabupaten tersebut. Meski begitu, proses ini tetap kita kawal hingga tuntas,” pungkasnya.

Asisten I juga sempat menerangkan bahwa proses pemekaran hingga saat ini sedang dalam proses di Pemeritah provinsi dan DPRD Provinsi Riau.(mirwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.